Pola Tidur Menentukan Kesehatan Anda – Sebuah tim peneliti dari Universitas Cambridge di Inggris dan Universitas Fudan di Cina telah menemukan bahwa tujuh jam tidur mungkin merupakan jumlah tidur yang ideal untuk orang paruh baya dan lanjut usia. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Aging, para peneliti mengatakan tidur tujuh jam adalah yang terbaik untuk kinerja kognitif dan kesehatan mental.

Para peneliti memeriksa data dari hampir 500.000 peserta berusia 38 hingga 73 tahun dan menemukan bahwa kurang tidur dan terlalu banyak tidur dikaitkan dengan kinerja kognitif dan kesehatan mental yang lebih buruk.

Pola Tidur Menentukan Kesehatan Anda

Pola Tidur Menentukan Kesehatan Anda

Peserta studi melaporkan pola tidur mereka dan juga menjawab pertanyaan tentang kesejahteraan dan kesehatan mental mereka. Mereka menyelesaikan sejumlah tugas kognitif yang menguji kecepatan pemrosesan, perhatian visual, memori, dan keterampilan memecahkan masalah. Dan mereka yang tidur tujuh jam tanpa gangguan memiliki hasil yang lebih baik secara keseluruhan.

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Mengganggu Kesehatan Anda

Namun, ada peringatan: 94% peserta berkulit putih, jadi tidak jelas apakah temuan penelitian ini juga berlaku untuk orang kulit berwarna dan latar belakang etnis atau budaya lainnya.

Faktor penting lainnya adalah konsistensi. Hasil terbaik terlihat pada orang yang menunjukkan fluktuasi paling sedikit dalam pola tidur mereka dalam jangka waktu lama yang berlangsung selama tujuh jam. Dengan kata lain, empat jam tidur sebelum rapat besar tidak bisa “dikompensasikan” dengan 10 jam tidur pada malam berikutnya.

“Tidur malam yang nyenyak penting di semua tahap kehidupan, terutama seiring bertambahnya usia,” kata Barbara Sahakian, seorang profesor di University of Cambridge dan salah satu penulis studi tersebut.

Para peneliti mengatakan bahwa kurang tidur cenderung menghambat proses otak untuk membersihkan diri dari racun. Mereka juga mengatakan itu salah pada saat itu

Fengshui Posisi Tidur Agar Hidup Lebih Baik

Saat tidur nyenyak terganggu, konsolidasi memori terpengaruh dan dapat menyebabkan penumpukan amiloid, protein yang, jika tidak berfungsi dengan baik, dapat menyebabkan “kekusutan” di otak yang merupakan karakteristik dari beberapa bentuk demensia.

“Meskipun kami tidak dapat secara pasti mengatakan bahwa terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur menyebabkan masalah kognitif, analisis kami tampaknya mendukung gagasan ini,” kata Jianfeng Feng, seorang peneliti otak dan profesor di Universitas Fudan. “Namun, alasan mengapa orang tua tidur lebih buruk lebih kompleks, dipengaruhi oleh kombinasi susunan genetik dan struktur otak kita.”

Para peneliti juga melihat pencitraan otak dan data genetik, tetapi data tersebut hanya tersedia untuk kurang dari 40.000 peserta.

Pola Tidur Menentukan Kesehatan Anda

Data menunjukkan bahwa jumlah tidur mungkin terkait dengan perbedaan struktur daerah otak seperti hippocampus, yang dianggap sebagai pusat memori dan pembelajaran otak, dan korteks precentral, yang bertanggung jawab untuk membuat gerakan sadar. Karena risiko Alzheimer dan demensia — penyakit penuaan yang menyertai gangguan kognitif — telah dikaitkan dengan durasi tidur, para peneliti mengatakan penelitian lebih lanjut dalam ilmu tidur itu penting.

Lama Jam Tidur Bisa Mempengaruhi Daya Tangka Pada Anak Berapakah Jatah Tidur Anda?

“Menemukan cara untuk meningkatkan kualitas tidur orang tua mungkin sangat penting dalam membantu mereka menjaga kesehatan dan kesejahteraan mental, serta menghindari penurunan kognitif, terutama untuk pasien dengan gangguan kejiwaan dan demensia,” kata Sahakian.

Stres memicu kurang tidur, yang mengganggu kinerja. Tidur siang singkat di siang hari atau sekedar mengambil waktu tenang tanpa ada orang yang mengganggu Anda dapat mengembalikan vitalitas dan meningkatkan performa kerja.

Perdebatan gender antara pria dan wanita berlanjut saat tidur. Para ilmuwan mengatakan bahwa sekarang terbukti bahwa pria dan wanita memiliki mimpi yang sangat berbeda, tidur adalah kebutuhan dasar yang tidak dapat digantikan oleh apapun. Orang dewasa umumnya membutuhkan 7-8 jam tidur setiap hari agar tetap sehat dan menjaga produktivitas harian yang berkualitas. Dengan menjaga pola tidur, Anda dapat mengembalikan energi dan kebugaran di pagi hari sehingga dapat mendorong Anda menjalani hari dengan lebih semangat dan semangat. Namun, pola tidur bisa terganggu dan Anda harus tahu cara memperbaiki pola tidur tersebut.

Apalagi dengan tuntutan sosial saat ini dimana banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dan tidak jarang Anda begadang. Atau ketika Anda tidak memiliki banyak pekerjaan dan malah menghabiskan waktu luang Anda hanya dengan tidur sepanjang hari, itu juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Pola hidup yang seimbang dan teratur juga mempengaruhi kualitas hidup Anda. Tidak pernah ada kata terlambat. Anda bisa mulai memperbaiki pola tidur sekarang juga.

Hal Yang Membuat Anda Sering Terbangun Tengah Malam • Hello Sehat

Diet tidak selalu berarti diet untuk menurunkan berat badan. Agar tubuh tetap bugar dan energik, Anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi makanan Anda. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Misalnya, minuman berkafein seperti kopi dan teh bisa membuat Anda tidak bisa tidur tepat waktu. Mengonsumsi banyak alkohol hingga mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam sebelum tidur juga dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Jika Anda merasa lapar di malam hari tepat sebelum tidur, cobalah makan makanan yang sehat dan tidak menyebabkan gangguan tidur seperti camilan, biji-bijian, sereal rendah gula, dan pisang.

Olahraga teratur dapat memperbaiki pola tidur yang terganggu karena dengan berolahraga tubuh melepaskan energi yang dapat mengurangi stres dan depresi. Sehingga pikiran menjadi lebih ringan dan mudah merasa tenang. Olahraga teratur juga dapat membantu Anda tidur nyenyak di malam hari. Hal ini karena penurunan suhu tubuh setelah olahraga membantu mendinginkan tubuh, menyebabkan rasa kantuk datang lebih cepat sehingga Anda lebih mudah tertidur.

Pola Tidur Menentukan Kesehatan Anda

Namun jika Anda melakukannya terlalu dekat dengan waktu tidur, justru akan membuat Anda semakin sulit untuk tertidur. Olahraga menghasilkan endorfin yang meningkatkan semangat, sehingga tubuh sulit tidur. Sebaiknya jadwalkan rutinitas olahraga Anda sebelum jam 2 siang setiap hari untuk mendorong pola tidur yang lebih sehat. Lebih baik lagi jika Anda berencana untuk berolahraga di pagi hari.

Pola Tidur Rasulullah Menginspirasi Untuk Kesehatan Tubuh Dan Pahala

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengatur jadwal tidur. Kebutuhan tidur normal orang dewasa adalah 7-8 jam pada malam hari. Namun jika Anda masih merasa sulit tidur selama itu, Anda bisa melakukannya secara bertahap. Yang terpenting adalah Anda bisa menjaga siklus bangun dan bangun pagi. Misalnya, Anda bisa mulai dengan membiasakan diri bangun 5 atau 10 menit lebih awal dari biasanya. Agar ini menjadi kebiasaan, Anda harus konsisten dengan rutinitas.

Banyak dari kita yang begadang atau kurang tidur di malam hari akhirnya memilih menambah waktu tidur di siang hari. Meskipun hal ini tidak akan membantu Anda memperbaiki pola tidur menjadi lebih baik. Tidur di siang hari justru bisa membuat Anda sulit tidur di malam hari. Meski begitu, tidur siang sebenarnya juga penting untuk meningkatkan mood dan performa. Namun harus dibatasi, misalnya dengan menyetel alarm tidur siang hanya 30 menit.

Cara yang dapat membantu Anda memperbaiki pola tidur selanjutnya adalah dengan merencanakan tidur Anda. Anda bisa memulainya dengan meluangkan waktu untuk bersantai sebelum tidur. Misalnya menyisihkan waktu minimal 1 jam sebelum tidur untuk melakukan hal-hal ringan yang menyenangkan. Anda dapat bermeditasi, membaca buku, meregangkan yoga, atau mandi air hangat. Mandi atau berendam air panas dapat meningkatkan suhu tubuh Anda, dan ketika turun kembali, Anda akan merasa mengantuk. Selain itu, waktu ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menyiapkan kebutuhan esok hari seperti pakaian kerja, makan siang dan sarapan. Hal ini juga dapat menghindari kesibukan pagi hari yang sering menimbulkan stres.

Tempat tidur yang rapi dan bersih dapat membuat Anda merasa nyaman. Aturlah tempat tidur Anda dengan suasana yang mendukung tidur, misalnya dengan menggelapkan ruangan pada malam hari, memasang aromaterapi dan singkirkan hal-hal yang dapat mengganggu pikiran Anda agar tidak merasa tenang.

Rumah Sakit Universitas Indonesia

Nah itulah 6 cara memperbaiki pola tidur yang bisa Anda terapkan untuk mencapai hidup yang lebih sehat dan bahagia. Tidur berkualitas adalah kunci hari yang penuh energi dan suasana hati yang baik. Semoga bermanfaat, dan semoga harimu lebih baik, mulailah dengan tidur yang berkualitas.

Penyakit Autoimun, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi Pengganti Gula, Pemanis Yang Aman Bagi Penderita Diabetes Cegah Corona Dengan 6 Makanan Penambah Imun Ini! Ternyata jam tidur ini baik untuk kesehatan! Manfaat Kesehatan Kayu Bajakah Jika Anda tidak sendirian. Hal ini bisa terjadi karena kecemasan dan stres yang meningkat menyebabkan tubuh Anda selalu “bangun”. Padahal, tidur yang cukup itu penting karena juga sangat memengaruhi kesehatan mental Anda.

Tempat tidur hanya untuk tidur. Otak kita terprogram untuk mengasosiasikan tempat tidur dengan tidur dan seks, dan terlibat dalam aktivitas lain apa pun akan mengganggu ritme otak kita.

Pola Tidur Menentukan Kesehatan Anda

Letakkan cahaya di sekitar kita. Tubuh kita mengasosiasikan cahaya dengan siang hari atau aktivitas, jadi kita perlu mengontrol cahaya yang terpapar pada tubuh kita.

Faktor Yang Mempengaruhi Istirahat Dan Tidur

Jangan bermain ponsel sebelum tidur. Cahaya biru dari layar elektronik memiliki warna yang lebih terang dan dapat membuat mata dan otak kita lebih terjaga serta membuat sulit untuk tidur.

Bergerak, bergerak, bergerak!!! Sisihkan waktu untuk olahraga ringan secara teratur di rumah, sebaiknya 15-30 menit setiap hari.

Relaksasi, relaksasi, relaksasi!!! Ada banyak cara untuk mengurangi kecemasan: teknik pernapasan, meditasi/mindfulness, yoga, mendengarkan musik yang menenangkan, membaca buku, meregangkan otot, mewarnai/melukis.

Sebagai “Auditor Media Sosial”, Kevin mulai berkontribusi di Into The Light Indonesia pada tahun 2013, kemudian keluar sebelum kembali pada tahun 2018. Kevin adalah seorang mahasiswa PhD di bidang akuntansi yang saat ini

Makanan & Minuman Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

Bekerja di bidang komunikasi pemasaran, penulis konten dan manajer media sosial. Di waktu luang saya, saya suka bermain Cookie Run: OvenBreak, teka-teki silang, menjadi barista palsu atau mencari restoran terbaik di Jakarta.

Into The Light Indonesia (Yayasan Insan Teman Langit) adalah komunitas anak muda untuk advokasi, kajian dan pendidikan tentang pencegahan bunuh diri dan kesehatan mental berdasarkan bukti ilmiah dan hak asasi manusia. Pola tidur Rasulullah SAW adalah contoh yang bisa kita amalkan. Merupakan kewajiban bagi kita untuk melakukan semua amalan yang dianjurkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW. Mengapa seperti itu? Karena Nabi Muhammad SAW adalah Uswatun

Jelaskan pola hidup sehat menurut anda, pola tidur yang baik untuk kesehatan, menentukan pola kalimat, menentukan pola bilangan, menentukan pola hidup sehat, google maps tidak dapat menentukan lokasi anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here