Punya Orangtua Bipolar Ini Yang Harus Dilakukan – Seiring waktu, banyak orang mulai memahami dan peduli dengan kesehatan mental. Salah satu gangguan jiwa yang paling banyak dibicarakan adalah gangguan bipolar. Bipolar adalah gangguan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang drastis. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui penyebab dan pengobatannya.

Dikutip dari artikel Healthline yang diulas oleh Dr. Tiffany Taft, psikolog klinis dari Oak Park Behavioral Medicine LLC, bipolar adalah kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang ekstrem. Istilah yang lebih tua untuk gangguan bipolar adalah depresi manik.

Punya Orangtua Bipolar Ini Yang Harus Dilakukan

Punya Orangtua Bipolar Ini Yang Harus Dilakukan

Meskipun tidak ada obat untuk gangguan bipolar, banyak pengobatan yang efektif tersedia. Pilihan pengobatan ini dapat membantu penderita belajar mengatur suasana hati mereka, yang dapat memberikan kelegaan dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Depresi Pada Anak, Kapan Harus Ke Dokter Anak

Untuk didiagnosis dengan gangguan bipolar, Anda harus mengalami periode mania atau hipomania. Keduanya melibatkan perasaan senang, impulsif, dan energi berlebih, meski tahap yang paling parah adalah mania. Gejala mania dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari, menyebabkan masalah di tempat kerja atau di rumah.

Beberapa orang dengan gangguan bipolar juga mengalami episode depresi berat atau suasana hati yang rendah (sedih, marah, kecewa). Tiga gejala utama mania, hipomania, dan depresi adalah ciri utama gangguan bipolar. Berbagai jenis gangguan bipolar melibatkan kombinasi yang berbeda dari gejala-gejala ini.

Episode mania sering kali melibatkan emosi yang meluap-luap. Terkadang Anda bisa merasa sangat bersemangat, impulsif, dan penuh energi. Tetapi terkadang Anda mungkin merasa gelisah atau melihat pikiran Anda seolah-olah sedang terburu-buru. Beberapa orang juga mengalami halusinasi dan gejala psikosis lainnya.

Episode manik dapat melibatkan lebih banyak perilaku impulsif dari biasanya, seringkali karena perasaan kekuatan yang berlebihan. Contoh umum dari jenis perilaku ini:

Anak Lakukan Self Harm, Ini Yang Harus Dilakukan Orang Tua

Hypomania umumnya dikaitkan dengan gangguan bipolar II, yang melibatkan banyak gejala yang sama, meskipun tidak terlalu parah. Berbeda dengan mania, hipomania seringkali tidak menimbulkan masalah di tempat kerja atau sekolah.

Dengan hipomania, pasien mungkin merasa sangat produktif dan penuh energi, tetapi mungkin tidak memperhatikan perubahan suasana hati lainnya. Biasanya orang-orang terdekat Anda yang akan memperhatikan perubahan suasana hati dan perubahan tingkat energi ini.

Menurunnya mood swing dapat membuat penderitanya merasa lesu, tidak bersemangat dan sedih. Episode depresi mayor pada gangguan bipolar akan melibatkan setidaknya lima dari gejala berikut:

Punya Orangtua Bipolar Ini Yang Harus Dilakukan

Tidak semua orang dengan gangguan bipolar mengalami episode depresi berat, meskipun banyak orang mengalaminya. Tergantung pada jenis gangguan bipolar yang Anda miliki, Anda mungkin hanya mengalami beberapa gejala depresi.

Stigma Negatif Dan Kesadaran Tentang Gangguan Bipolar Di Indonesia

Perlu juga dicatat bahwa terkadang, tetapi tidak selalu, euforia mania bisa menyenangkan. Setelah Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan, suasananya bebas dan semuanya terasa menyenangkan. Gangguan bipolar, di sisi lain, dapat menyebabkan suasana hati yang tertekan, dengan keadaan suasana hati “tinggi” dan “rendah”.

Pria dan wanita didiagnosis dengan gangguan bipolar dalam jumlah yang hampir sama. Namun, gejala utama gangguan ini bisa bermacam-macam. Wanita dengan gangguan bipolar cenderung didiagnosis beberapa waktu kemudian, seringkali di usia 20-an atau 30-an. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin pertama kali melihat gejala selama kehamilan atau setelah melahirkan. Mereka juga lebih mungkin didiagnosis sebagai bipolar II daripada bipolar I.

Wanita dengan gangguan bipolar juga lebih sering kambuh. Hal ini dapat terjadi karena adanya perubahan hormonal yang berkaitan dengan menstruasi, kehamilan, dan menopause.

Mendiagnosis gangguan bipolar pada anak masih sulit, terutama karena anak tidak selalu memiliki gejala gangguan bipolar yang sama dengan orang dewasa. Suasana hati dan perilaku mereka mungkin juga tidak sesuai dengan standar yang digunakan dokter untuk mendiagnosis gangguan pada orang dewasa.

Ini Yang Harus Dilakukan Setelah Melakukan Percobaan Bunuh Diri

Banyak gejala gangguan bipolar yang terjadi pada anak-anak juga tumpang tindih dengan kondisi umum masa kanak-kanak lainnya, seperti attention deficit hyperactivity disorder (ADHD).

Namun, dalam beberapa dekade terakhir, dokter dan ahli kesehatan mental telah mengenali kondisi tersebut pada anak-anak. Diagnosis dapat membantu anak-anak menemukan pengobatan, yang dapat memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Seperti orang dewasa, anak-anak dengan gangguan bipolar mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem. Mereka mungkin tampak sangat bahagia dan menunjukkan tanda-tanda perilaku bersemangat, atau mungkin tampak sangat encer, murung, dan mudah tersinggung.

Punya Orangtua Bipolar Ini Yang Harus Dilakukan

Semua anak mengalami perubahan suasana hati, tetapi gangguan bipolar menyebabkan gejala suasana hati yang berbeda. Perubahan suasana hati juga biasanya lebih ekstrim daripada perubahan suasana hati pada anak-anak.

Anak Dengan Gangguan Mental, Apa Yang Orang Tua Perlu Lakukan?

Gejala-gejala ini dapat berdampak lebih besar pada kehidupan sehari-hari. Jika ya, sebaiknya hubungi psikolog atau psikiater agar bisa ditangani secepatnya (lebih lanjut nanti).

Depresi seringkali menyebabkan penderitaan yang lebih parah dan memengaruhi aktivitas sehari-hari. Jika Anda pernah mengalami gejala yang memenuhi kriteria episode hipomanik atau depresi, diagnosis akan beralih ke satu jenis gangguan bipolar atau depresi berat lainnya, bergantung pada gejala yang Anda miliki.

Gejala-gejala ini bervariasi tergantung pada jenis gangguan bipolar yang dialami orang tersebut. Misalnya, orang dengan gangguan bipolar I pasti mengalami episode mania. Episode manik dapat disertai dengan depresi, tetapi episode depresif tidak diperlukan untuk mendiagnosis gangguan bipolar I.

Untuk dapat mendiagnosis pasien dengan gangguan bipolar II, seseorang harus memiliki gangguan depresi mayor yang pernah mengalami episode hipomanik sebelum atau sesudahnya. Terkadang psikosis terlibat. Ini adalah saat ketika orang tersebut melihat atau mendengar hal-hal yang tidak ada, atau memiliki pikiran delusi.

Prodi Psikiatri Fk Undip Kupas Tentang Bipolar Dan Tatalaksananya

Dalam situsnya, Mayo Clinic menyatakan bahwa tidak ada faktor risiko tunggal yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan bipolar. Para ilmuwan percaya bahwa beberapa faktor risiko memicu penyakit tersebut. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan faktor risiko dan penyebab spesifik. Namun, faktor risiko meliputi:

Gangguan bipolar cenderung diturunkan dalam keluarga. Anak-anak yang orang tua atau saudara kandungnya memiliki penyakit ini berisiko lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga.

Terkadang peristiwa yang membuat stres atau perubahan besar dalam hidup memicu gangguan bipolar seseorang. Contoh kemungkinan pemicu termasuk perkembangan masalah medis atau kehilangan orang yang dicintai. Peristiwa seperti ini dapat menyebabkan episode mania atau depresi pada orang dengan gangguan bipolar.

Punya Orangtua Bipolar Ini Yang Harus Dilakukan

Penyalahgunaan narkoba dapat memicu gangguan bipolar. Diperkirakan 60% orang dengan gangguan bipolar bergantung pada obat-obatan atau alkohol. Orang dengan depresi musiman atau gangguan kecemasan juga berisiko mengalami gangguan bipolar.

Kalimat Yang Tak Boleh Diucapkan Kepada Penderita Bipolar

Temuan tertentu pada pemindaian otak mungkin terkait dengan gangguan bipolar. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk melihat bagaimana struktur otak secara khusus dapat memengaruhi gangguan bipolar. Hal ini akan berdampak pada pengobatan dan diagnosis.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apa sebenarnya penyebab gangguan bipolar. Cara menilai risiko Anda adalah dengan memperhatikan faktor risiko di atas dan mendiskusikan gejala mental atau perilaku apa pun yang Anda alami dengan ahlinya seperti penyedia layanan kesehatan mental yang akan merujuk Anda ke psikolog.

Anda tidak dapat mendiagnosis diri sendiri, jadi lebih baik segera berkonsultasi dengan psikolog. Anda harus mewaspadai kemungkinan gejala jika anggota keluarga memiliki riwayat gangguan bipolar atau masalah kesehatan mental lainnya. Berkonsultasilah dengan profesional kesehatan mental jika Anda mengalami stres ekstrem dan berpikir itu mungkin terkait dengan gangguan bipolar.

Beberapa obat untuk gangguan bipolar pada wanita hamil dan menyusui dapat membuat Anda berisiko mengalami cacat lahir dan dapat memengaruhi ASI Anda ke bayi Anda. Obat-obatan tertentu, seperti asam valproat dan natrium divalproex, tidak boleh digunakan selama kehamilan. Obat ginekologi juga dapat kehilangan keefektifannya bila diminum dengan obat tertentu untuk gangguan bipolar.

Apa Itu Bipolar? Diagnosis, Penyebab, Dan Pengobatannya

Jadi jika ibu hamil dan menyusui perlu minum obat bipolar, ada baiknya mendiskusikan pilihan pengobatan dengan dokter. Kalaupun memungkinkan, konsultasikan sebelum memutuskan untuk hamil. Berikut ini beberapa pengobatan untuk penderitanya:

Psikoterapi adalah bagian penting dari perawatan untuk gangguan bipolar dan dapat diberikan secara individu, keluarga, atau kelompok. Beberapa jenis terapi dapat membantu, seperti:

IPSRT berfokus pada stabilisasi ritme harian, seperti waktu tidur, bangun, dan makan. Rutinitas yang konsisten memungkinkan manajemen suasana hati yang lebih baik. Orang dengan gangguan bipolar bisa mendapatkan keuntungan dari membangun rutinitas sehari-hari untuk tidur, diet, dan olahraga.

Punya Orangtua Bipolar Ini Yang Harus Dilakukan

Fokusnya adalah mengidentifikasi keyakinan dan perilaku yang tidak sehat dan negatif dan menggantinya dengan yang sehat dan positif. CBT dapat membantu mengidentifikasi apa yang memicu episode bipolar. Penderita juga mempelajari strategi yang efektif untuk mengelola stres dan mengatasi situasi yang menjengkelkan.

Cara Menangani Anggota Keluarga Yang Menderita Bipolar: 14 Langkah

Mempelajari gangguan bipolar (psikoedukasi) dapat membantu mereka yang terkena dan orang-orang di sekitarnya untuk memahami kondisi ini. Mengetahui apa yang terjadi dapat membantu penderita mendapatkan dukungan terbaik, mengidentifikasi masalah, membuat rencana untuk mencegah kekambuhan, dan melanjutkan pengobatan.

Dukungan dan komunikasi keluarga dapat membantu penderita MS mengikuti rencana perawatan dan membantu orang-orang di sekitar mereka mengenali dan mengatasi tanda-tanda peringatan perubahan suasana hati.

Sementara itu, pengobatan untuk anak dan remaja biasanya diputuskan berdasarkan kasus per kasus, berdasarkan gejala, efek samping pengobatan, dan faktor lainnya. Biasanya, perawatan meliputi:

Anak-anak dan remaja dengan gangguan bipolar sering diresepkan jenis obat yang sama dengan orang dewasa. Ada sedikit penelitian tentang keamanan dan keefektifan pengobatan bipolar pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa, sehingga keputusan pengobatan seringkali didasarkan pada penelitian orang dewasa.

Gangguan Bipolar Pada Anak, Orangtua Harus Awas Halaman All

Awal, terapi jangka panjang dapat membantu mencegah gejala kembali. Psikoterapi dapat membantu anak-anak dan remaja mengelola rutinitas mereka, mengembangkan keterampilan, mengatasi kesulitan belajar, memecahkan masalah sosial, dan memperkuat ikatan dan komunikasi keluarga. Ini juga dapat membantu masalah penyalahgunaan zat yang umum terjadi pada anak yang lebih besar dan remaja dengan gangguan bipolar.

Psikoedukasi mungkin termasuk mempelajari gejala gangguan bipolar dan bagaimana perbedaannya dari perilaku, situasi, dan perilaku yang sesuai dengan budaya yang terkait dengan usia dan perkembangan anak. Memahami gangguan bipolar juga dapat membantu orang tua mendukung anaknya.

Bekerja sama dengan guru dan konselor sekolah, serta dukungan keluarga dan teman dapat membantu meredakan gejala dan mendorong anak untuk terus berhasil.

Punya Orangtua Bipolar Ini Yang Harus Dilakukan

Dilansir dari situs resmi Cleveland Clinic, dijelaskan bahwa sebenarnya belum ada cara yang diketahui untuk mencegah gangguan bipolar. Oleh karena itu penting untuk mengetahui tanda dan gejala gangguan bipolar dan mencari intervensi dini.

Sering Dianggap Sama, Ini Bedanya Mood Swing Dan Bipolar

Banyak orang dengan gangguan bipolar yang menerima perawatan yang tepat dapat menjalani kehidupan yang bahagia dan produktif. Itulah mengapa penting untuk menemui dokter dan tetap berkomitmen untuk mengobati gangguan bipolar.

Ini adalah penjelasan rinci tentang bipolar. Pada

Yang harus dilakukan setelah vaksin, apa yang harus dilakukan saat hamil muda, yang harus dilakukan saat hamil 8 bulan, yang harus dilakukan hamil muda, asam lambung naik apa yang harus dilakukan, yang harus dilakukan saat hamil, yang harus dilakukan saat hamil 1 bulan, jika lambung sakit apa yang harus dilakukan, apa yang harus dilakukan ketika hamil muda, hamil muda apa yang harus dilakukan, yang harus dilakukan saat hamil muda, yang harus dilakukan ketika hamil muda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here