Risiko Diabetes Pada Wanita Hamil Yang Menggunakan Ivf

38

Risiko Diabetes Pada Wanita Hamil Yang Menggunakan Ivf – Pasangan yang sulit hamil tidak perlu kecewa. Metode bayi tabung merupakan salah satu yang dapat diadopsi. Dalam kedokteran, proses bayi tabung disebut In Vitro Fertilization (IVF). Kehamilan diawali dengan pembuahan sel telur di luar tubuh yaitu di dalam tuba. Gambar Bisnis Monyet/Shutterstock

Suatu pasangan dikatakan tidak subur atau infertil jika tidak menghasilkan anak, meskipun telah melakukan hubungan intim secara teratur tanpa kontrasepsi selama satu tahun setelah menikah.

Risiko Diabetes Pada Wanita Hamil Yang Menggunakan Ivf

Risiko Diabetes Pada Wanita Hamil Yang Menggunakan Ivf

Salah satu cara agar bisa hamil setelah setahun menikah adalah dengan mengikuti program bayi tabung atau biasa dikenal dengan in vitro fertilization (IVF).

Anak Program Bayi Tabung Berisiko Hipertensi, Benarkah?

Dalam istilah medis, kehamilan bayi tabung dimulai dengan sperma di luar tubuh, khususnya sel telur yang dibuahi di dalam tabung di laboratorium.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1978, metode bayi tabung telah menuai banyak hal positif dan negatif di masyarakat. Tidak hanya itu, banyak mitos salah yang dipercaya masyarakat tentang bayi tabung.

Selama IVF, dokter menggunakan obat untuk merangsang indung telur wanita agar menghasilkan sel telur yang matang. Biasanya obat ini menyebabkan perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini berhubungan dengan kanker payudara. Oleh karena itu, banyak wanita yang khawatir proses IVF meningkatkan risiko kanker payudara.

Untungnya, penelitian yang tepat telah mengungkapkan fakta sebenarnya. Studi yang diterbitkan dalam JAMA: The Journal of American Medical Association, mempelajari 25.108 wanita yang menjalani perawatan kesuburan di Belanda antara tahun 1980 dan 1995. Sebagian besar wanita ini juga menjalani IVF. Sebagai hasil penelitian, ditemukan bahwa mereka tidak memiliki risiko kanker payudara dibandingkan wanita lain.

Waspada, Ternyata Begini Ciri Infeksi Pada Luka Caesar Bagian Dalam

Sama seperti mitos bahwa IVF menyebabkan kanker payudara, ada juga mitos bahwa IVF menyebabkan kanker ovarium pada wanita.

Namun, sebuah studi tahun 2013 terhadap 180.000 wanita yang diterbitkan dalam Cochrane Database of Systematic Review menyimpulkan bahwa tidak ada bukti yang meyakinkan tentang peningkatan risiko kanker ovarium saat wanita menjalani perawatan kesuburan.

Dr Mark Surrey dari Southern California Reproductive Center mengatakan bahwa tidak perlu takut bahwa IVF dapat menyebabkan persalinan tertunda dan cacat lahir. Surrey mengatakan, embrio yang akan ditanamkan saat lahir akan menjalani pengujian genetik terlebih dahulu.

Risiko Diabetes Pada Wanita Hamil Yang Menggunakan Ivf

Sementara itu, Dr. Shahin Ghadir mengatakan penelitian menunjukkan bahwa bayi IVF biasanya berasal dari orang tua yang berpendidikan tinggi dan berkembang dengan baik karena mereka biasanya berasal dari keluarga kaya.

Ingin Hamil Sehat, Pasien Diabetes Harus Lakukan Persiapan Ini!

Meike Uhler, MD, dari Fertility Centers of Illinois, mengatakan bahwa selama proses IVF, dokter secara ketat memantau pasien IVF untuk potensi komplikasi kehamilan, seperti diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, dan kemungkinan kelahiran prematur.

Namun, pemantauan yang cermat ini bukan karena wanita tersebut menjalani IVF, melainkan karena infertilitas, yang dapat memengaruhi kehamilannya.

Semua kehamilan membuat ibu rentan terhadap pembekuan darah. Menurut Dr. Gadir, semua wanita dengan kadar estrogen tinggi, baik karena kehamilan alami atau obat IVF, berisiko lebih tinggi mengalami pembekuan darah. Namun, Dr. Ghadir memastikan bahwa IVF adalah proses yang sangat aman dengan risiko minimal dan tanpa efek samping jangka panjang.

Ada beberapa perusahaan asuransi yang menanggung kehamilan IVF juga. Konsultasikan dengan perusahaan asuransi Anda tentang semua ini.

Selain Ivf, Ini Cara Hamil Buat Penderita Pcos

Mitos: Wanita yang pernah memiliki anak melalui bayi tabung harus mengulangi proses tersebut jika ingin memiliki anak lagi

Dr. Menurut Surrey, wanita yang pernah melahirkan melalui bayi tabung tetap bisa melahirkan melalui kehamilan alami. Artinya tidak perlu melahirkan anak berikutnya melalui IVF lagi.

Selama IVF, dokter terkadang memilih untuk mentransfer banyak embrio. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan peluang keberhasilan IVF. Tetapi tidak semua laboratorium melakukan ini. Ada dokter yang menguji embrio untuk berhasil mentransfer satu embrio dari laboratorium ke rahim.

Risiko Diabetes Pada Wanita Hamil Yang Menggunakan Ivf

Ada pasangan yang ingin segera menjalani prosedur bayi tabung. Menurut Dr. Uhler, salah satu hal yang paling penting adalah mengevaluasi dengan cermat mengapa seorang wanita tidak subur. Dokter kemudian dapat menyarankan cara terbaik untuk memiliki bayi.

Manfaat Kepiting Untuk Ibu Hamil Wajib Tahu!

Misalnya, jika seorang wanita berusia 40 tahun, mungkin akan diarahkan ke pengobatan dengan peluang keberhasilan tertinggi, yaitu: IVF., Jakarta – Secara umum, memiliki momongan adalah impian sebagian besar pasangan yang baru menikah. Sayangnya, tidak semua pasangan cukup beruntung memiliki buah hati tercinta.

Pada dasarnya banyak faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya suatu pasangan memiliki anak. Bagi penderita masalah kesuburan, terdapat pilihan untuk prokreasi, salah satunya melalui bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF).

Perlu dicatat bahwa program IVF tidak sepenuhnya bebas risiko. Dalam beberapa kasus, bayi tabung dapat menimbulkan masalah bagi ibu dan janin. Ingin tahu risiko apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum merencanakan IVF?

Program IVF atau prosedur medis lainnya umumnya melibatkan risiko kecil atau besar. Terkait program bayi tabung ini, ibu harus menyadari bahwa bayi tabung atau bayi tabung tidak selalu berhasil pada percobaan pertama. Lantas, apa saja risiko yang harus Anda ketahui sebelum merencanakan IVF?

Cara Mendeteksi Kehamilan Dalam Kasus Pcos

Menurut National Institutes of Health, program IVF melibatkan energi fisik dan emosional, waktu, dan uang. Banyak pasangan yang mengalami infertilitas mengalami stres dan depresi.

Gejalanya meliputi sakit perut, kembung, berat badan naik dengan cepat (misalnya 4,5 kg dalam 3-5 hari), buang air kecil berkurang meskipun banyak minum, mual, muntah, dan sesak napas.

Tingkat keguguran pada wanita yang hamil melalui IVF adalah sekitar 15-25 persen, dan angka ini meningkat seiring bertambahnya usia ibu.

Risiko Diabetes Pada Wanita Hamil Yang Menggunakan Ivf

Sekitar 2 hingga 5 persen wanita yang menjalani IVF dapat mengalami kehamilan ektopik (kehamilan ektopik), ketika sel telur yang telah dibuahi berimplantasi di luar rahim, biasanya di tuba falopi. Sel telur yang telah dibuahi tidak dapat bertahan hidup di luar rahim dan tidak ada cara untuk melanjutkan kehamilan.

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Miom, Terbukti Efektif?

Usia ibu merupakan faktor risiko utama berkembangnya cacat lahir, terlepas dari bagaimana anak dilahirkan, termasuk melalui IVF.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah bayi IVF mengalami peningkatan risiko cacat lahir tertentu.

Ada penelitian awal yang menunjukkan bahwa mungkin ada hubungan antara obat tertentu yang digunakan untuk merangsang pertumbuhan sel telur (obat yang diberikan selama IVF) dan perkembangan beberapa jenis kanker ovarium.

Namun, studi terbaru tidak mendukung temuan ini. Risiko kanker payudara, endometrium, serviks, atau ovarium tampaknya tidak meningkat secara signifikan setelah IVF.

Serba Serbi Konsultasi Program Hamil Mbrio, Dan Pilihan Terapinya

IVF dapat menguras keuangan, fisik dan emosional. Inilah mengapa ibu dan pasangan membutuhkan dukungan konselor, keluarga, dan teman dekat saat menjalankan program bayi tabung.

Menurut NIH, ada risiko IVF lain yang perlu diperhatikan, antara lain: risiko pengambilan sel telur, termasuk reaksi anestesi, perdarahan, infeksi, dan kerusakan struktur di sekitar ovarium, seperti usus dan kandung kemih.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang program IVF dan prosedur serta risiko lainnya? Anda bisa bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi. Anda tidak perlu keluar rumah, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kapanpun dan dimanapun. Praktis, bukan?

Risiko Diabetes Pada Wanita Hamil Yang Menggunakan Ivf

Referensi: Institut Kesehatan Nasional – MedlinePlus. Akses 2021. Fertilisasi In Vitro (IVF) Mayo Clinic. Diakses 2021. In Vitro Fertilization (IVF) American Pregnancy Association. Kadaluarsa 2021. Infertilitas. Fertilisasi in vitro. Fertilisasi in vitro atau in vitro fertilization (bahasa Inggris: in vitro fertilization, IVF), atau sering disebut IVF, adalah proses pembuahan sel telur oleh sel sperma di luar tubuh wanita: in vitro (“kaca kaca”). ). Proses ini melibatkan pemantauan dan stimulasi proses ovulasi wanita, pengambilan telur atau sel telur dari indung telur wanita, dan membiarkan sperma membuahi sel dalam media cair di laboratorium. Telur yang telah dibuahi (zigot) dikultur dalam media pertumbuhan selama 2-6 hari, dan kemudian dipindahkan ke rahim satu atau beberapa wanita untuk menciptakan kehamilan yang sukses.

Kegemukan, Penyebab Infertilitas Wanita Dan Pria.

Metode IVF dapat digunakan dalam berbagai situasi dan merupakan salah satu metode dalam teknologi reproduksi berbantuan untuk pengobatan infertilitas. Teknik IVF juga digunakan dalam ibu pengganti kehamilan, di mana sel telur yang telah dibuahi ditanamkan ke dalam rahim “pengganti” wanita lain, sehingga anak yang lahir tidak memiliki hubungan genetik dengan wanita tersebut. Dalam beberapa kasus, sperma donor atau sel telur dapat digunakan. Sejumlah negara melarang atau mengatur ketersediaan prosedur IVF, menciptakan wisata kesuburan. Pembatasan ketersediaan bayi tabung, misalnya terkait dengan biaya dan usia untuk menghasilkan kehamilan yang sehat pada waktu normal. Karena biaya prosedur ini, IVF biasanya hanya dicoba setelah pilihan lain yang lebih murah gagal.

“Bayi tabung” pertama yang sukses adalah Louise Brown pada tahun 1978. Louise Brown lahir sebagai hasil dari siklus alami IVF yang tidak distimulasi. Robert J. Edwards dianugerahi Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran 2010, bersama dengan Patrick Steptoe, seorang ahli fisiologi yang membantu mengembangkan proses tersebut; Steptoe tidak memenuhi syarat untuk dipertimbangkan karena Hadiah Nobel tidak diberikan secara anumerta.

Melalui donasi sel telur dan bayi tabung, wanita yang sudah melewati usia subur atau sudah menopause masih bisa hamil. Adriana Iliescu pernah memegang rekor sebagai wanita tertua yang melahirkan menggunakan bayi tabung dan sel telur

Faktor risiko diabetes, faktor risiko diabetes melitus, gejala diabetes kering pada wanita, tanda2 diabetes pada wanita, tanda tanda diabetes pada wanita, cara mengobati diabetes pada wanita, gejala diabetes pada wanita, gejala awal diabetes pada wanita, risiko diabetes, risiko diabetes pada wanita, ciri ciri diabetes pada wanita, ciri2 diabetes pada wanita