Tips Agar Kolesterol Tidak Melonjak Setelah Lebaran – JAKARTA – Setelah berpuasa selama sebulan, Idul Fitri atau momentum Lebaran kerap dirayakan oleh masyarakat Indonesia dengan berbagai sajian lezat khas daerah yang berbeda. Sayangnya, beberapa makanan umum tersebut justru bisa menyebabkan kolesterol naik jika kita melakukan kesalahan dan tidak berhati-hati dalam menjaga asupan.

Sekalipun kolesterol meningkat, risiko serangan jantung atau stroke juga akan mengganggu skenario yang biasa digunakan untuk pertemuan ini.

Tips Agar Kolesterol Tidak Melonjak Setelah Lebaran

Tips Agar Kolesterol Tidak Melonjak Setelah Lebaran

Saat ini, ada banyak cara untuk mencegah kolesterol naik di hari raya jaya ini. Mulai dari mengatur pola makan saat Lebaran, memperbanyak minum air putih, menyempatkan diri berolahraga, hingga berhenti merokok.

Hati Hati, Konsumsi Makanan Ini Saat Lebaran Bisa Picu Kolesterol Naik!

Seperti dikutip dari ANTARA pada Selasa, 26 April, dr Kebon Jeruk, Spesialis Gizi Klinis RS Siloam. Sheena R. Angelia, M. Gizi, SpGK mengakui sejumlah makanan yang biasa disajikan saat lebaran bisa memicu peningkatan kolesterol.

“Konsumsi makanan tinggi kolesterol, misalnya daging berlemak, junk food, dan lemak jenuh seperti kue kering, cake, santan, dan gorengan, bisa memicu peningkatan kolesterol,” kata Sheena.

Apalagi saat berpuasa, kita juga cenderung berbuka puasa dengan menu yang rendah gizi, tinggi gula dan lemak, diikuti dengan pengurangan aktivitas fisik. Sheena mengatakan hal seperti ini dapat menyebabkan dislipidemia, yang berkontribusi terhadap berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

Ester stanol tanaman adalah makanan fungsional yang dibuat terutama dari sumber nabati seperti minyak nabati, gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan.

Awas, Jangan Sampai Kolesterol Naik Saat Lebaran!

Panel Perawatan Dewasa III Program Pendidikan Kolesterol Nasional (NCEP ATP III) merekomendasikan bahwa 2 g tanaman stanol ester per hari dimasukkan dalam makanan sehari-hari yang bertujuan untuk mencapai tujuan menurunkan kadar LDL dalam pengobatan dislipidemia. Beberapa penelitian mengklaim bahwa ester stanol tanaman dapat menurunkan kadar LDL hingga 11%.

Efek penurun kolesterol dari ester stanol tanaman biasanya terbukti sebagai penurunan penyerapan kolesterol dari usus kecil. Molekul ester stanol tanaman, yang mirip dengan kolesterol, bersaing dan menggantikan lokasi kolesterol di usus, sehingga kolesterol yang diserap lebih sedikit, meningkatkan konsentrasi stanol tanaman di enterosit dan memungkinkan kolesterol diekskresikan kembali ke lumen usus.

“Meskipun stanol nabati dapat ditemukan secara alami di banyak sumber makanan nabati, jumlah rata-rata makanan sangat kecil sehingga mungkin tidak memiliki efek terapeutik,” jelas Sheena.

Tips Agar Kolesterol Tidak Melonjak Setelah Lebaran

Ringkasnya, jika hanya mengandalkan sumber pakan alami, cukup sulit untuk memenuhi kebutuhan 2 gram stanol tumbuhan per hari. Dengan berkembangnya konsep pangan fungsional, muncul harapan baru bagi stanol tumbuhan ketika senyawa esterifikasi tersebut dapat difortifikasi menjadi beberapa produk pangan.

Tips Mencegah Kolesterol Naik Saat Lebaran

“Oleh karena itu, tanaman dapat memberikan suplementasi stanol ester untuk memenuhi kebutuhan harian jika tidak dipenuhi dari sumber makanan,” jelas Sheena.

Sesuai dengan dr. Sheena Dessyana, brand manager Nutrive Benecol, mengaku sulit memastikan jumlah stanol tumbuhan dari sumber makanan saja, dan ada kondisi khusus yang mengharuskan seseorang mengonsumsinya dalam dosis yang tepat setiap hari.

“Untuk itu, inovasi Nutrive Benecol sebagai satu-satunya produk nutrisi di Indonesia yang mengandung ester stanol tumbuhan hadir sebagai solusi agar masyarakat dapat mengontrol asupan kolesterol hariannya, karena seperti kita ketahui, penumpukan kolesterol jahat yang berlebihan dapat menyebabkan hingga pembentukan plak di pembuluh darah memicu penyakit jantung koroner dan stroke yang merupakan penyakit mematikan nomor 1 dan 2 di Indonesia dan dunia,” ujar Dessyana.

“Stanol ester tumbuhan relatif aman dan efektif untuk dikonsumsi pada orang dewasa. Adanya penelitian pemberian minuman susu yang kaya akan stanol ester tumbuhan, menunjukkan bahwa kondisi saluran cerna orang dewasa bekerja optimal dalam menyerap stanol ester tumbuhan. Setelah bahan tersebut sampai di usus , ini sedikit lebih tinggi, sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat penurun kolesterol pada orang dewasa,” kata Sheena.

Berita Kolesterol Terbaru Hari Ini

Mengontrol dan memilah makanan yang mengandung kolesterol dan bebas kolesterol bisa menjadi hal yang sulit dilakukan saat Lebaran. Tapi sungguh, kami tidak ingin menyesali apa yang kami konsumsi di momen spesial ini.

“Untuk itu sebaiknya mengkonsumsi Nutrive Benecol yang mengandung ester stanol tumbuhan, agar kolesterol tidak mengganggu suasana lebaran karena kesalahan setelah makan enak dan kita tidak mengalami resiko yang tidak terduga,” ujar Dessyana. Lebaran kali ini kita semua ingin tetap sehat dan tetap bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat. Petugas medis menunjukkan kadar kolesterol saat peringatan Hari Jantung Sedunia di Jakarta, Kamis (27/9). Kegiatan gratis juga memberikan program edukasi cara mencegah penyakit jantung sejak dini. (/Ferry Pradolo)

, Opor Ayam Jakarta, rendang, ketupat, kue kering dan aroma es sirup khas lebaran pasti menggoda selera. Makanan yang bisa dimakan bersama hanya saat Idul Fitri tiba.

Tips Agar Kolesterol Tidak Melonjak Setelah Lebaran

Namun perlu dipahami bahwa santan dan makanan tinggi gula dapat menyebabkan kadar kolesterol meningkat. Apalagi jika Anda memiliki kolesterol tinggi. Misalnya LDL (kolesterol jahat) di atas 160. Anda harus menghindari santan dan makanan manis.

Tips Mengatasi Kolesterol Yang Melonjak Drastis Setelah Lebaran

Agar kadar kolesterol tetap aman saat Lebaran, simak tips dari dokter penyakit dalam Dr. Franciscus Ari, Sp.PD, RS Pondok Indah.

**Gempa Cianjur Pasundan telah menghancurkan bumi, saudara-saudara kita di Cianjur menderita bersama dengan berdonasi: Rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan berupa sembako, kesehatan, tenda dll akan diberikan. Kepedulian kita adalah harapan mereka.

Boleh makan daging, tapi hindari daging yang berlemak, kata dr Ari di Jakarta beberapa waktu lalu.

Kulit ayam yang renyah sering disukai. Namun, kulit ayam dapat meningkatkan kolesterol. Makan ayam sebagai gantinya.

Cara Menjaga Kesehatan Saat Lebaran Yang Patut Dicoba

Anda mungkin menyukai lauk pauk (daging, ikan) saat lebaran. Sebaliknya, tingkatkan jumlah sayuran yang Anda makan. Hal ini untuk menyeimbangkan kadar kolesterol agar tidak naik.

* Fakta atau Penipuan? Untuk mengecek keaslian informasi yang dibagikan silahkan WhatsApp cek keaslian nomor 0811 9787 670 dengan mengetikkan kata kunci yang dibutuhkan.

Brazil vs Korea Selatan sudah dimulai, dapatkan link live streaming Piala Dunia 2022 di SCTV, Vidio, Indosiar dan Nex Parabola

Tips Agar Kolesterol Tidak Melonjak Setelah Lebaran

Dapatkan link live streaming Piala Dunia 2022 Brasil vs Korea Selatan di SCTV, Vidio, Indosiar, dan Nex Parabola, Jakarta – Saat merayakan Idul Fitri pasti banyak makanan enak seperti opor, rendang, sambal hati dan. ketupat.

Tidak Hanya Dari Opor Ayam, Makanan Khas Lebaran Ini Juga Punya Potensi Tinggi Kolesterol

Baca: Brasil Hancurkan Korea Selatan di Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, 5 Statistik Ini Bisa Bikin Rival Keringat Dingin

Karena berbagai jenis makanan tersebut kaya akan kalori dan lemak, yang tidak sehat dan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Namun, Anda tetap bisa menikmati berbagai hidangan lebaran dengan cara yang benar agar kadar kolesterol tidak naik dan timbul gangguan kesehatan.

Berita tentang 5 pebalap MotoGP 2022 teratas dengan balapan antara Fabio Quartararo dan Alex Rins usai balapan di Portugal.

Gak Perlu Khawatir Melonjak! Cukup Makan Buah Ini Saat Lebaran, Dijamin Kolesterol Gak Bakal Melonjak

Jangan akhiri puasa bulan Ramadhan dan ubah momen lebaran menjadi waktu balas dendam. Ketahuilah bahwa makan terlalu banyak saat lebaran bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

, untuk menghindarinya, sebaiknya jangan makan secukupnya atau berlebihan. Mulailah makan dengan porsi kecil dan sering. Cara ini dilakukan agar tubuh Anda bisa beradaptasi dengan pola makan seperti semula.

Cobalah untuk tidak makan terlalu banyak daging berlemak atau kulit ayam. Kedua hal tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Tips Agar Kolesterol Tidak Melonjak Setelah Lebaran

Lebih baik jika Anda memilih daging tanpa lemak atau ayam tanpa kulit untuk menu lebaran Anda. Kemudian, Anda bisa memasukkan ikan laut yang mengandung omega-3 ke dalam menu Lebaran.

Makanan Khas Lebaran Pemicu Kolesterol Naik, Wajib Dihindar

Ikan laut seperti salmon, tuna, teri, dan sarden dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Memasak dengan cara dikukus, direbus dan dipanggang lebih baik dari pada digoreng. Makanan yang digoreng mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Namun, jika Anda harus menggoreng, gunakan minyak zaitun, minyak canola, minyak almond, atau minyak kenari. Ingat jangan menggoreng dengan minyak banyak (deep fried). Mencampur dengan minyak sehat masih relatif aman.

Jangan lupa pasangkan menu lebaran Anda dengan sayuran dan buah-buahan sebagai sumber serat. Selain membantu melancarkan saluran pencernaan, sayuran dan buah-buahan dapat memberikan efek kenyang dalam waktu yang lama, dan sebaiknya Anda tidak terlalu banyak makan makanan lebaran.

Santap Banyak Makanan Saat Lebaran, Berikut Tips Agar Kesehatan Tidak Terganggu

Prediksi Persija Vs Borneo FC di Liga 1 BRI: Teror Mathias Pato Untuk Lini Belakang Rapuh Lawan

Indra Sjafri dan 3 pelatih lokal yang bisa menggantikan Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023

Foto: Perayaan gol Inggris melawan Senegal, termasuk perayaan tidak wajar Jordan Henderson dan Jude Bellingham

Tips Agar Kolesterol Tidak Melonjak Setelah Lebaran

Foto: Rekor Masuk Pertandingan ke-1.000 Lionel Messi Di Piala Dunia 2022, menyamai rekor Ronaldo mengungguli Maradona-Idul Fitri atau lebaran sering dirayakan oleh masyarakat Indonesia dengan makanan khas daerah. Sayangnya, beberapa makanan umum tersebut bisa menyebabkan kolesterol naik, jika kita melakukan kesalahan dan tidak berhati-hati dalam mengatur asupan. Meski kolesterol naik, tentu aktivitas kita juga akan terhambat ketika kita aktif bekerja setelah libur lebaran, bahkan berisiko terkena serangan jantung atau stroke.

Lima Kebiasaan Ini Bisa Picu Kolesterol Meningkat Usai Lebaran

Saat ini, ada banyak cara untuk mencegah peningkatan kolesterol ini. Mulai dari mengatur pola makan, memperbanyak minum air putih, meluangkan waktu untuk berolahraga, hingga berhenti merokok. Jika perubahan gaya hidup gagal menurunkan kadar kolesterol, disarankan untuk menambah asupan Nutrive Benecol, minuman susu jus buah yang mengandung ester stanol tumbuhan yang telah teruji secara klinis dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 7-10% setelah dikonsumsi. . Dengan rutin mengkonsumsi 2 botol sehari segera setelah makan, kita dapat menjaga kadar kolesterol kita.

Hampir wawancara, dr. Sheena R., ahli gizi klinis di Rumah Sakit Silom Kebon Jeruk. Angelia, M.Gisi, SPGK, mengaku sebenarnya ada beberapa hidangan yang biasa dihidangkan saat Lebaran.

Tips agar perut tidak buncit setelah makan, tips agar tidak hamil setelah berhubungan, tips agar rambut tidak mengembang setelah keramas, cara agar tidak kolesterol, tips agar tidak hamil setelah berhubungan badan, tips agar perut tidak buncit setelah melahirkan, tips agar payudara tidak kendur setelah menyusui, tips sehat setelah lebaran, agar tidak kolesterol, tips jaga kesehatan setelah lebaran, tips turunkan berat badan setelah lebaran, tips agar kolesterol cepat turun