Tips Atasi Alergi Pada Hidung – Anda belum pernah mengalami flu sebelumnya, bukan? Tahukah Anda bahwa selain disebabkan oleh infeksi, pilek juga bisa disebabkan oleh alergi lho. Yuk, kita lihat apa itu pilek alergi dan apa bedanya dengan pilek menular.

Dalam dunia medis, pilek alergi dikenal dengan rhinitis alergi. Pada kondisi ini, pilek terjadi saat penderita terpapar alergen (zat atau zat yang memicu alergi), seperti debu atau bulu hewan. Saat Anda menghirup pemicu alergi tersebut, sistem imun tubuh akan mempersepsikannya sebagai benda berbahaya dan melepaskan senyawa bernama histamin sebagai reaksi resistensi. Reaksi tersebut menimbulkan gejala alergi, seperti pilek dan gatal di hidung.

Tips Atasi Alergi Pada Hidung

Tips Atasi Alergi Pada Hidung

Perbedaan utama antara kedua jenis pilek ini adalah penyebabnya. Pilek menular disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, sedangkan pilek alergi disebabkan oleh paparan alergen.

Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering Di Sudut Hidung

Untuk menghilangkan pilek alergi, Anda harus menjauh dari penyebabnya. Saat ini, pada infeksi flu, terutama yang disebabkan oleh virus, obat tidak selalu dibutuhkan. Anda hanya perlu istirahat yang cukup sampai infeksi sembuh.

Namun, jika gejalanya sangat mengganggu, pilek dapat diatasi dengan antihistamin, terutama pilek alergi. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati pilek akibat alergi atau infeksi:

Untuk mengatasi pilek alergi, Anda harus menghindari berbagai pencetus, seperti debu, asap rokok, dan bulu hewan atau serpihan kotoran. Pemicu alergi bisa berbeda-beda pada setiap orang. Jika Anda tidak yakin apa yang memicunya, Anda bisa melakukan tes alergi.

Sedangkan untuk mengatasi flu yang menular, Anda hanya perlu istirahat dan banyak minum air putih untuk meredakan gejalanya. Pada umumnya infeksi flu dapat sembuh sendiri dalam waktu 7-10 hari.

Cara Alami Mengatasi Bersin Bersin Karena Alergi

Untuk membantu mengurangi masuk angin, Anda bisa menggunakan humidifier di ruangan ber-AC, dan menjaga kondisi udara tetap bersih. Biasakan mencuci tangan untuk mencegah masuknya virus atau debu penyebab masuk angin.

Obat yang biasa digunakan untuk meredakan pilek alergi adalah antihistamin. Obat tersebut bekerja dengan menghalangi efek histamin, yaitu zat alami dalam tubuh yang menyebabkan gejala alergi.

. Antihistamin generasi terbaru lebih nyaman digunakan karena cenderung tidak menimbulkan rasa kantuk sehingga tidak mengganggu aktivitas Anda. Antihistamin lain, misalnya

Tips Atasi Alergi Pada Hidung

Selain antihistamin, golongan obat dekongestan juga dapat digunakan untuk meredakan gejala rinitis alergi. Namun perlu diingat, anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, dan orang dengan kondisi medis khusus, seperti penyakit ginjal, perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum obat untuk mengatasi pilek alergi.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak, Respimer

Selain alergi dan infeksi virus, pilek juga bisa disebabkan oleh suatu penyakit, seperti polip hidung dan sinusitis. Pilek juga bisa diakibatkan oleh kelainan bentuk hidung yang disebut deviasi septum.

Pilek akibat penyakit tertentu memerlukan penanganan medis, tergantung penyebabnya. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika pilek yang Anda alami tidak kunjung membaik setelah beberapa minggu atau justru semakin parah. Semua

Grafik Pertumbuhan Anak Pertumbuhan anak bisa berbeda-beda. Bagan pertumbuhan hanya membantu menghitung rata-rata dari data yang diberikan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan hasil penilaian si kecil selama tumbuh kembangnya baik. Lihat lebih banyak kalkulator BMI Hitung BMI Anda dan cari tahu apakah berat badan Anda ideal. Lihat Selengkapnya Kebutuhan Kalori Berapa banyak kalori yang Anda butuhkan setiap hari? hitung di sini! Lihat lebih banyak

Mayapada Hospital Jakarta Selatan Mayapada Hospital Jakarta Selatan merupakan rumah sakit tipe B yang berada di bawah naungan Mayapada Healthcare Group. Rumah sakit memiliki layanan IGD 24 jam yang dilengkapi dengan tenaga medis profesional dan peralatan medis untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi semua pasien yang berobat, baik pasien rawat inap maupun rawat jalan. Fasilitas dan pelayanan prima yang tersedia di Mayapada Hospital, Jakarta Selatan antara lain Tahir Uro-Nephrology Center, Tahir Neuroscience Center, Obstetri dan Ginekologi, Pusat Kardiovaskular, Imunisasi Pneumonia, dan lain-lain. 2008 yang berada di bawah naungan Mayapada Healthcare Group. Rumah sakit ini memiliki pelayanan rawat inap mulai dari kamar VIP sampai kelas 3, konsultasi dokter umum, klinik spesialis. Selain itu, instalasi laboratorium, instalasi radiologi dan CT scan serta instalasi farmasi dengan jam operasional full 24 jam dari Senin hingga Minggu. Fasilitas dan pelayanan prima yang tersedia di Mayapada Hospital Tangerang antara lain klinik spesialis, medical check up seperti skrining otak, skrining nyeri sendi, skrining stroke, skrining gastrointestinal, skrining tiroid, dan lain-lain, kemudian Tahir Neuroscience Center, Tahir Uro-Nephrology Center , Pusat Kardiovaskular, Gastrohepatologi, Pusat Onkologi, Pusat Ortopedi, Pusat Obstetri dan Ginekologi, Sunat Anak. Rumah sakit ini memiliki pelayanan gawat darurat 24 jam, klinik dokter umum dan spesialis, serta pelayanan rawat inap. Tidak hanya itu, pusat pelayanan unggulan juga tersedia, terdiri dari pelayanan wanita dan anak, pelayanan kedokteran olahraga, pelayanan penyakit dalam, pusat kebidanan dan kandungan, dan pusat anak.

Cari Tahu Tanda Tanda Alergi Debu Serta 7 Cara Mengatasinya!

HestiDiabetes•22 Hari Kisah Perjuangan Merawat Anak Penderita Diabetes Tipe 1 HestiCOVID-19•21 Hari Gejala COVID-19 Omicron XBB Subvarianchafiyyah Arvian Parenting•4 Hari Menunjukkan Perubahan Sikap Anak yang Suka Berbohong dan Mencuri Polio Hari-hari Pertanyaan yang Sering Diajukan!

Ditulis oleh Ajeng Quamila Diperbarui 27 Oktober 2021 Ditinjau secara medis oleh Dr. Michael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

Saat hidung tersumbat, rasanya bernapas pun bisa menjadi tantangan yang berat. Selain kesulitan bernafas, hidung tersumbat terkadang juga menimbulkan gejala tidak nyaman lainnya, seperti sakit kepala dan berkurangnya indra penciuman. Menurut Anda apa yang menyebabkan hidung tersumbat? Lantas, bagaimana cara mengatasinya dengan cepat dan mudah?

Tips Atasi Alergi Pada Hidung

Umumnya, banyak orang mengira bahwa hidung tersumbat disebabkan oleh lendir yang menggumpal di saluran hidung. Padahal, kemacetan tidak selalu terjadi akibat penumpukan lendir.

Jual Obat Untuk Bersin Bersin Terbaru

Pada dasarnya hidung tersumbat disebabkan oleh sesuatu yang menyebabkan iritasi atau peradangan pada jaringan hidung. Hidung memiliki jaringan pembuluh darah katup yang luas yang dapat membuka dan menutup.

Saat hidung teriritasi, sistem saraf akan terstimulasi, sehingga katup pembuluh darah terbuka. Akibatnya, lebih banyak darah mengalir di hidung. Kondisi ini menyebabkan pembengkakan pada saluran hidung dan membuat Anda sulit bernapas.

Flu atau influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Saat tubuh terserang virus flu, bisa terjadi peradangan pada selaput lendir hidung. Itu sebabnya, hidung tersumbat adalah salah satu gejala flu yang paling umum.

Flu sangat menular dan dapat menyebabkan gejala lain, seperti demam, nyeri otot, menggigil, sakit kepala, dan batuk.

Ini Penyebab Dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah

Sepintas, batuk pilek bisa mirip dengan flu. Padahal, kedua kondisi tersebut sangat berbeda. Batuk pilek atau disebut juga dengan

Selain itu, perbedaan flu dan batuk pilek terletak pada tingkat keparahannya. Gejala batuk pilek biasanya lebih ringan jika dibandingkan dengan flu. Banyak orang juga menyebut kondisi ini sebagai “flu biasa”.

Menurut situs Asthma and Allergy Foundation of America (AAFA), alergi terjadi karena sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap zat tertentu, termasuk alergen.

Tips Atasi Alergi Pada Hidung

Selain hidung tersumbat, gejala lain yang bisa muncul saat tubuh terpapar alergen adalah bersin, mata gatal, sakit tenggorokan, dan batuk.

Penyebab Hidung Gatal Dan Cara Mengobatinya Secara Alami

Sinusitis adalah infeksi yang terjadi pada sinus atau rongga hidung. Infeksi tersebut menyebabkan peradangan dan produksi lendir berlebih, sehingga hidung tersumbat.

Rinitis non-alergi atau vasomotor juga ditandai dengan adanya peradangan di rongga hidung. Namun, penyebab kondisi ini belum diketahui secara pasti karena tidak dipicu oleh alergi.

Nah, tak perlu bingung karena ada banyak cara yang bisa dicoba di rumah untuk mengatasi kemacetan. Berikut tips yang bisa Anda lakukan:

Udara hangat dan lembap adalah cara tercepat untuk menghilangkan pilek dan hidung tersumbat. Matikan AC dan kipas angin dapat membantu Anda.

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Secara Alami

Menghirup udara lembab dapat meredakan peradangan dan pembengkakan pembuluh darah di hidung. Udara lembab juga dapat membantu melonggarkan lendir di sinus.

Caranya, isi wadah atau baskom berisi air panas. Keringkan di atas permukaan air dan tutupi dengan handuk untuk menangkap uapnya.

Untuk meredakan gejalanya, Anda bisa melarutkan 2 sendok teh balsem dengan kapur barus, minyak kayu putih, dan mentol dalam air panas.

Tips Atasi Alergi Pada Hidung

Kemudian, hirup uap hangat selama kurang lebih 10 menit. Ulangi 2-3 kali sehari sampai Anda bisa bernafas lega.

Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobati Alergi Makanan

Air hangat dapat membantu melonggarkan lendir di saluran hidung dan meredakan nyeri akibat hidung tersumbat. Untuk variasi, Anda bisa minum teh jahe hangat, mint atau lemon dan madu yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk melegakan pernapasan.

Semprotan garam dapat memberikan kelembapan ekstra yang dibutuhkan hidung tersumbat. Larutan garam akan mengencerkan lendir dan membersihkan hidung yang tersumbat. Untuk meredakan hidung tersumbat lebih cepat, dalam waktu kurang dari 10 menit, gunakan dekongestan/oksimetazolin topikal.

Semprotan saline atau dekongestan topikal tersedia tanpa resep di apotek. Sebelum menggunakan semprotan garam atau dekongestan topikal, diskusikan dengan dokter Anda. Efek samping dapat muncul atau dapat memperburuk gejala kongesti jika digunakan lebih dari tujuh hari.

Cara mudah lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan mandi air hangat. Uap yang dihasilkan dari air hangat dapat membantu mengencerkan lendir yang menumpuk di rongga hidung Anda.

Hanya Dikompres, Ini 3 Cara Ampuh Atasi Jerawat Di Hidung

Selain itu, uap air hangat juga dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan pada hidung. Namun, pastikan Anda tidak menggunakan air yang terlalu panas untuk mandi.

Selain cara-cara di atas, tentunya Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di apotik. Obat flu yang umumnya dapat membantu meredakan gejala hidung tersumbat adalah obat dekongestan.

Tak hanya itu, ada juga obat batuk dengan bahan aktif Dextromethorphan HBr dan Doxylamine Succinate untuk memberikan sensasi hangat pada tenggorokan dan membantu meredakan empat gejala batuk pilek.

Tips Atasi Alergi Pada Hidung

Lain hal jika gejala mampet yang Anda alami dipicu oleh alergi. Obat yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini adalah antihistamin. Obat ini dapat membantu mengurangi pembengkakan pada

Cara Mengatasi Alergi Dengan Cepat Namun Tetap Efektif

Gejala alergi debu pada hidung, alergi dingin pada hidung, obat alergi dingin pada hidung, cara mengatasi alergi pada hidung, mengatasi alergi debu pada hidung, penyebab alergi dingin pada hidung, tips atasi hidung tersumbat, obat alergi debu pada hidung, alergi debu pada hidung, mengatasi alergi dingin pada hidung, gejala alergi dingin pada hidung, alergi pada hidung