Waspadai 5 Gejala Kanker Paru Yang Tak Biasa Ini – Di antara sekian banyak penyakit kanker, kanker paru-paru merupakan salah satu kanker yang paling banyak diderita masyarakat global, terutama mereka yang memiliki kebiasaan merokok. Sayangnya, banyak penderita kanker paru-paru menunda mendapatkan pertolongan karena menunda atau tidak mengenali gejala yang muncul. Karena terlambat, keberhasilan pengobatan sangat rendah karena mengabaikan gejala yang muncul sejak awal. Itulah mengapa sangat disarankan agar Anda mengenali beberapa gejala kanker paru-paru yang sayangnya sering terabaikan di bawah ini.

Batuk bisa disebabkan oleh penyakit ringan, seperti flu atau alergi. Namun jika batuk terus-menerus tidak berhenti dalam waktu lama, bisa jadi itu pertanda penyakit yang lebih serius, dan salah satunya adalah kanker paru-paru. Menurut Raja Flores, profesor dan ketua bedah toraks di Mount Sinai School of Medicine di New York, kanker pada saluran pernapasan dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan batuk. Namun, menurutnya, adanya kanker juga bisa menghasilkan lendir yang memperparah batuk.

Waspadai 5 Gejala Kanker Paru Yang Tak Biasa Ini

Waspadai 5 Gejala Kanker Paru Yang Tak Biasa Ini

Batuk berdarah jelas bukan pertanda baik bagi kesehatan seseorang. Menurut Raja Flores, mereka yang batuk darah harus segera mencari pertolongan dan memeriksakan diri ke dokter. Batuk dengan darah bisa menjadi salah satu gejala kanker paru-paru, meskipun pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk memastikannya.

Hindari Kanker Paru Paru, Lakukan 5 Hal Ini!

Jika Anda tiba-tiba mengalami sesak napas saat menaiki tangga atau hanya berjalan biasa, bisa jadi itu adalah kanker paru-paru, apalagi jika disertai dengan gejala lain. Menurut dr. Flores, sesak napas bisa berasal dari tumor yang menyumbat tenggorokan. Bisa juga berasal dari penumpukan cairan di dada yang menekan (mendorong) paru-paru, mengakibatkan kekurangan udara. Kesulitan bernapas saat duduk atau berbaring bisa menjadi gejala. Jadi segera konsultasikan ke dokter jika gejala tersebut muncul.

Jika Anda terdiagnosis asma saat dewasa atau di usia tua, Anda harus lebih berhati-hati karena bisa jadi itu merupakan tanda kanker paru-paru. Menurut Flores, asma memang bisa menjadi gejala kanker paru-paru yang tidak biasa, karena skrining yang cepat untuk menentukan ada tidaknya tumor ganas di paru-paru sangat dianjurkan.

Selain sebagai salah satu tanda dan gejala serangan jantung, nyeri dada juga bisa menjadi gejala kanker paru-paru. Tandanya dada, punggung dan bahu sering terasa nyeri dan sering disertai rasa sesak di dada. Menurut Flores, kita bisa merasakan sakit di mana letak tumor itu. Jika tumor terletak di belakang payudara maka kita bisa merasakan nyeri di punggung.

Berdasarkan informasi dari American Cancer Society, penurunan berat badan dan penurunan nafsu makan bisa menjadi tanda kanker paru-paru. Selain itu, gejala ini akan diikuti dengan rasa lelah yang berlebihan, meskipun kita hanya melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Waspadai 15 Tanda Kanker Yang Sering Diabaikan

Dimulai dengan sakit kepala, kemudian keseimbangan yang terganggu dan mati rasa pada tungau bisa menjadi tanda atau gejala kanker paru-paru. Mungkin juga kanker telah menyebar ke otak atau sumsum tulang belakang. Sedangkan jika kulit dan mata menguning, kemungkinan kanker telah menyebar ke hati hingga ke kelenjar getah bening. Kanker paru-paru seringkali tidak memiliki tanda atau gejala sampai pada stadium lanjut, itulah sebabnya banyak penderita kanker paru-paru baru didiagnosis kanker paru-paru ketika telah menyebar ke bagian tubuh yang lain. Di sini penting untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko kanker paru-paru.

Workshop Deteksi Dini Penyakit Paru Obstruktif Kronik 4 Regional dilaksanakan mulai 30 Agustus hingga 2 September 2022, Jangan sampai ketinggalan!

Kolaborasi 3 pihak pertama di Indonesia! Brand Charm Pads, YKPI & Kemenkes Luncurkan “Mari Sadar Usai Haid” Menuju 0 Terobosan Untuk Kanker Payudara Lanjut

Waspadai 5 Gejala Kanker Paru Yang Tak Biasa Ini

Uji publik untuk mengubah Peraturan Pemerintah no. 109 Tahun 2012 tentang Keamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Kesehatan

Apa Saja Faktor Risiko Kanker Paru?

Gejala kanker paru stadium awal, gejala kanker paru paru, tanda gejala kanker paru, gejala kanker paru stadium akhir, gejala kanker paru stadium 1, gejala sakit kanker paru paru, gejala kanker paru sudah menyebar, gejala penyakit kanker paru, gejala awal sakit kanker paru, gejala kanker paru stadium 3, gejala awal kanker paru, gejala kanker paru stadium 4

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here