Ala Jepang, Hutan Bambu di Keputih, Jembatan Onsen di CitraLand

23

JawaPos.com- Hutan bambu di Kelurahan Keputih, Surabaya, bakal menjadi taman kota yang masuk daftar penataan tahun ini. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya secara bertahap mengembangkan kawasan publik yang dapat berdampak positif untuk pertumbuhan ekonomi.

. Ciri khas kawasan tersebut identik dengan Sagano Bamboo Forest Jepang. ”Rebranding menyentuh hutan bambu yang menyatu dengan taman harmoni dan terhubung dengan Pasar Harmoni Keputih,” ujar Kabid Pengendalian Pencemaran dan Pengelolaan Keanekaragaman Hayati DLH Surabaya Myrna Augusta Aditya Dewi kemarin (24/1).

Myrna menyatakan, tak tertutup kemungkinan kawasan tersebut dapat dijadikan sebagai kawasan riset dan keanekaragaman hayati. ”Seperti mangrove ya itu bisa. Ada arah ke sana. Tapi, semua itu bertahap,” jelasnya

Jembatan Onsen di Fresh Market CitraLand

Jembatan onsen dikenal dengan corak khasnya berwarna merah. Bentuknya juga melengkung karena melewati kolam air panas di Jepang. Ya, onsen memiliki arti kolam air panas. Berbeda halnya dengan jembatan onsen yang ada di Surabaya. Tepatnya di depan Fresh Market CitraLand.

Jembatan sepanjang sekitar 7 meter itu hanya melewati aliran drainase terbuka di median jalan. Aliran air di bawahnya bukan air panas lho ya. Jadi, jangan sekali-sekali mencoba nyebur! Hahaha.

”Jembatan itu memang meniru desain jembatan onsen Jepang karena disesuaikan juga dengan desain ruko-ruko di sekitarnya,” ucap Koordinator Publikasi dan Promosi City Management CitraLand Ahmad Helmy.

Hanya ada dua jembatan berwarna merah itu di area perumahan Surabaya Barat itu. Di area lainnya, jembatan yang didesain cenderung meniru gaya Eropa atau ikon Singapura.

Karena desainnya unik, pihaknya memanfaatkan jembatan tersebut untuk kemeriahan Imlek tahun ini. ”Biasanya, kami adakan permainan barongsai di G-Walk. Nah, tahun ini kami coba ramaikan di Fresh Market dan area jembatan onsen ini,” imbuhnya.

Pengunjung bisa berfoto bersama dengan barongsai sekaligus memberikan angpao. ”Kami juga bikin kuis kecil-kecilan. Jadi, pengunjung yang ikut bisa dapat angpao juga,” tambah Helmy.

Jembatan ala onsen di depan Fresh Market CitraLand Surabaya. (Riana Setiawan/Jawa Pos)

Source