JawaPos.com – Setiap menjelang Imlek, penyanyi Mandarin Alena Wu sering mendapat tawaran manggung, baik on-air maupun off-air. Dia mengaku sudah menemukan cara untuk bisa tetap merayakan Imlek bersama keluarga sekaligus mendapat tambahan rezeki. Semua disebabkan support system yang begitu pengertian kepadanya.

Imlek tahun ini seiring dengan berakhirnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Alena mendapat tawaran manggung tatap muka. Dia pun senang karena suasana kembali meriah. Kepada Jawa Pos, penyanyi yang juga aktif merilis lagu rohani Kristen itu berbagi pengalaman dan pandangannya tentang perayaan Imlek.

Setelah beberapa tahun merayakan Imlek secara terbatas akibat pandemi, tahun ini apakah Alena akan merayakan dengan lebih meriah mengingat PPKM sudah tidak ada?

Pastinya iya. Bahkan, sampai berasa banget banyak tawaran nyanyi di malam Imlek di berbagai kota, yang jauh lebih banyak daripada tahun-tahun sebelum pandemi. Sepertinya, hotel dan restoran panen besar. Tahun ini semua orang ingin merayakan Imlek.

Ada ritual khusus atau tradisi keluarga saat Imlek, baik dari pihak keluarga Alena maupun dari keluarga suami? Misalnya, menghias rumah, makan malam keluarga, atau mengunjungi anggota keluarga?

Nggak ada ritual selain makan bersama keluarga yang sekota. Harinya juga nggak wajib di malam Imlek. Seperti tahun ini, kami makan keluarga besar di hari Imlek karena malam Imlek-nya aku ada job nyanyi.

Menu makanan apa yang harus ada saat Chinese New Year dinner atau saat hari Imlek? Apa maknanya?

Mesti ada mi pertanda permohonan panjang umur dan ikan –simbol harapan banyak rezeki tersisa tahun demi tahun. Makanannya bebas dan kebanyakan di restoran.

Outfit andalan untuk Imlek apa?

Rok atau celana, yang penting atasan ada kerah qipao-nya atau kerah cheongsam.

Lalu, bagaimana cara Alena mengenalkan tradisi Imlek kepada anak-anak?

Mengajak mereka ketemu saudara di hari Imlek, lalu memberi hormat dengan bilang ’’bai bai”. Saya juga ajari mereka untuk menabung angpao yang didapat.

Tahun lalu Alena ikut serta dalam merilis lagu spesial perayaan Imlek Fa Fa Da Cai Yo. Tahun ini, apakah ada proyek khusus dalam rangka perayaan Imlek 2023?

Tahun ini sayangnya saya tidak bisa ikut rekaman & syuting sama teman-teman di Singkawang karena terbentur jadwal. Semoga tahun depan bisa bareng-bareng bikin lagu Imlek lagi.

Biasanya kalau menjelang Imlek, bagaimana strategi Alena jika ada tawaran job menyanyi? Misalnya, apakah hanya mengambil tawaran taping saja atau bagaimana?

Saya ambil semua job, hahaha. Papa-mama juga support banget meski saya sering jadi nggak bisa ikut makan keluarga sejak awal karier menyanyi. Prinsip keluarga saya praktis sekali memang. Yang penting, keluarga asli bisa dekat dan sering bertemu. Tidak ada kewajiban mesti kumpul pas Imlek sampai menolak rezeki dari Tuhan.

Alena tergolong orang yang cukup memperhitungkan hoki berdasar tahun kelinci air atau bagaimana?

Sama sekali tidak karena saya Nasrani. Jadi, memang tidak percaya ramalan. Semua berkat datang dari Tuhan. Semua hari dan tahun adalah baik adanya.

Apa harapan dan rencana di tahun baru ini? Mungkin bakal ada karya baru atau proyek yang sempat tertunda?

Lebih banyak karya musik di tahun ini, semoga bisa masuk nominasi AMI Awards lagi. Mengerti HatiMu, lagu duet saya dengan anak –Neo Kolla– tahun lalu dapet nominasi AMI Awards kategori Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Nasrani Terbaik. Begitu pula pas 2020 dan 2021, jadi tiga tahun berturut-turut dapat nominasi. (*)

Source