JawaPos.com – Munculnya asap mobil pedih di mata bisa jadi merupakan sebuah tanda adanya kendala pada sistem pembakaran mobil. Asap yang muncul pun akan diiringi gejala asap yang mengeluarkan bau tertentu.

Biasanya hal ini terjadi karena proses pembakaran yang terjadi tidak sempurna dan menyebabkan pedih jika terkena mata. Dilansir dari laman Auto2000, pengguna perlu mengetahui penyebab mengapa hal ini terjadi supaya segera ditangani dengan tepat.

Penyebab utama asap mobil pedih di mata dan mengeluarkan bau menyengat yaitu karena terjadi kendala pada sistem pembakaran. Misalnya ada komponen yang mengalami aus, terjadi kerusakan pada bagian katup, hingga pemakaian oli yang tidak sesuai. Selain itu, ada pula tanda lainnya. Berikut selengkapnya.

Komponen Sistem Pembuangan yang Sudah Aus

Salah satu penyebab utama asap mobil pedih di mata yaitu komponen pada sistem pembuangan yang sudah aus. Saat sistem pembuangan mengalami kerusakan atau aus, gas buang yang seharusnya terbuang tidak keluar dengan sempurna dan terhirup kembali ke dalam mobil. Ini dapat menyebabkan asap yang terasa pedih di mata dan bau menyengat di dalam mobil.

Kerusakan pada Sistem Bahan Bakar

Kerusakan pada sistem bahan bakar juga dapat menyebabkan asap mobil pedih. Saat terjadi kerusakan pada sistem ini, kandungan yang terdapat pada bahan bakar tidak dapat terbakar dengan sempurna. Asap dari kandungan bahan bakar ini yang kemudian ketika terkena mata akan sangat pedih.

Pemakaian Oli yang Tidak Sesuai

Penggunaan oli yang tidak sesuai spesifikasi dan tidak dianjurkan oleh produsen mobil dapat menyebabkan kurang maksimalnya kinerja sistem pembakaran mobil. Oli yang tidak sesuai ini dapat mengakibatkan terjadinya kontaminasi pada sistem pembuangan, alhasil menyebabkan asap pedih di mata.

Modifikasi Pengaturan Pembakaran yang Kurang Pas

Engine Control Unit (ECU) sebenarnya sudah mengatur cara kerja sistem pembakaran, termasuk mengatur perbandingan akurat bahan bakar dan udara. Modifikasi yang dilakukan khususnya pada ECU pada akhirnya menyebabkan perbandingan bahan bakar dan udara menjadi tidak normal. Hal ini yang mengakibatkan proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan asap mobil jadi perih di mata.

Kualitas Bahan Bakar

Penggunaan bahan bakar yang kurang bagus dapat mengakibatkan munculnya gejala asap knalpot yang lebih pedih. Bahan bakar dengan octane dan cetane yang rendah dapat menyebabkan masalah pada sistem pembakaran. Untuk itu, penting bagi pengguna untuk menggunakan bahan bakar dengan kualitas terbaik.

Kerusakan pada Komponen Lain

Selain keausan pada sistem pembuangan, kerusakan pada komponen lain seperti timing belt dan saringan udara juga dapat menyebabkan asap mobil pedih di mata dan menimbulkan bau menyengat. Sebab itu, penting bagi pemilik kendaraan untuk menjaga seluruh komponen yang berkaitan dengan sistem pembakaran supaya proses di ruang bakar selalu dalam kondisi optimal.

Penggunaan Aksesori yang Tidak Sesuai

Penggunaan aksesori pada sistem pembakaran yang tidak sesuai ternyata dapat menyebabkan asap pedih menjadi bau menyengat dan pedih di mata. Aksesori yang dimaksud misalnya penggunaan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil.

Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kebocoran gas buang dan asap yang keluar menyebabkan pedih jika terkena mata. Penggunaan aksesori yang tidak sesuai ini mengakibatkan terjadinya kontaminasi pada sistem pembuangan.

Masalah pada Busi Mobil

Busi mobil memiliki peranan yang sangat penting dalam mengatur sistem pembakaran mobil. Masalah yang terjadi pada sistem busi ini yang kemudian menjadi masalah sumber asap knalpot pedih di mata.

Masalah pada busi ini pun beragam, seperti busi yang mulai melemah, busi yang kotor dan penuh kerak karbon, busi mengalami banjir, atau koil busi yang sudah tidak layak pakai.

Source