Biar Jadi Duit, Twitter Obral Barang-barang di Kantor Pusatnya

9

JawaPos.com – Twitter dikabarkan telah menjual ratusan item barang dari kantor pusatnya di San Francisco, California, Amerika Serikat (AS) melalui lelang online. Langkah ini dilaporkan mengikuti upaya CEO Twitter Elon Musk untuk mengurangi pengeluaran perusahaan dan setelah memecat hampir dua pertiga dari 7.500 tenaga kerja perusahaan pada tahun 2022.

Penjualan tersebut mencakup berbagai printilan barang termasuk karya seni dari logo burung Twitter, perabot kantor desainer, dan rangkaian lengkap peralatan dapur yang mahal. Semua tampaknya harus jadi uang.

Dilansir dari TheVerge, barang-barang tersebut dijual melalui likuidasi lelang dan firma penasehat Heritage Global Partners. Sebanyak 631 lot pertama kali akan didaftarkan pada awal Desember 2022, kemudian mulai dijual pada 17 Januari lalu.

Beberapa item penting termasuk Neon Twitter Bird Light dengan tawaran tertinggi saat ini ditetapkan pada USD 22.500, patung burung setinggi tiga kaki (saat ini USD 21.000), dan patung bunga logo ‘@’ seharga USD 8.000 atau berkisar Rp 339 jutaan, Rp 316 jutaan dan Rp 120 jutaan.

Peralatan kantor juga tersedia untuk dibeli, termasuk meja berdiri, peralatan konferensi seperti Google Jamboards, dan furnitur desainer dari Andreu World dan Knoll.

Penjualan tersebut telah menimbulkan reaksi beragam, dengan beberapa melihatnya sebagai tanda masalah keuangan Twitter yang benar-benar serius. Sementara pihak lainnya melihat sebagai cara perusahaan untuk membongkar kelebihan aset.

Namun, saat lelang Twitter pertama kali diumumkan bulan lalu, Nick Dove, perwakilan dari Heritage Global Partners, menyatakan bahwa lelang tersebut tidak ada hubungannya dengan situasi keuangan Twitter saat ini. “Mereka telah menjual seharga USD 44 miliar, dan kami menjual beberapa kursi, meja, dan komputer,” katanya.

Terkait isu tersebut, Dove juga menyebut bahwa orang-orang yang menganggap penjualan barang-barang ini merupakan bentuk kebangkrutan Twitter, mereka adalah orang tolol.

“Jadi, jika ada yang benar-benar berpikir bahwa pendapatan dari menjual beberapa komputer dan kursi akan membayar gunung di sana, maka mereka tolol,” katanya.

Apa pun alasan di balik penjualan tersebut, ini adalah kesempatan bagi mereka yang ingin mendirikan perusahaan rintisan untuk mendapatkan beberapa kesepakatan, serta beberapa memorabilia bertema burung. Daftar lengkap semua item dapat ditemukan di lelang online Heritage Global Partners.

Source