JawaPos.com – Penyakit campak merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini tengah mewabah di tanah air dan menular lewat udara. Orang tua diminta tidak meremehkan penyakit campak, sebab akan sangat berbahaya jika terjadi komplikasi.

Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan Prima Yosephine mengatakan dampak penyakit campak dapat berujung kematian. Ia mengatakan yang dikhawatirkan dari campak adalah komplikasi.

“Komplikasi campak ini umumnya berat, kalau campak mengenai anak yang gizinya jelek maka anak ini bisa langsung disertai komplikasi,” jelasnya kepada wartawan secara virtual, Jumat (20/1).

Berikut daftar komplikasi campak yang berbahaya dan dapat berujung kematian :

Komplikasi pada anak ketika virus masuk ke dalam darah dapat menyebabkan peradangan pada usus sehingga anak mengalami diare berat, pneumonia, radang paru, radang otak. Selain itu, anak dengan campak mengalami mata berair dan merah.

“Infeksi di selaput matanya sampai menimbulkan kebutaan. Ini yang kami khawatirkan,” ujar Yosephine.

Gejala Campak

Secara umum, gejala campak dapat berupa demam, batuk pilek, mata berair, lalu disertai timbulnya bintik-bintik kemerahan di kulit. Biasanya muncul 2 sampai 4 hari setelah dari gejala awal.

Campak ini disebabkan oleh virus campak dan penularannya melalui droplet, percikan ludah saat batuk, bersin, bicara, atau bisa melalui cairan hidung. Dan campak ini salah satu penyakit yang sangat menular.

Source