Diecast Buatan Surabaya Tembus Pasar Ekspor Amerika hingga Arab

14

JawaPos.com- Diecast atau mainan berbahan metal masih memiliki pasar besar. Jadi barang loleksi anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, produk replika mobil karya warga Surabaya sejauh ini masih bertahan sebagai salah satu yang diekspor ke berbagai negara.

”Terutama karena diecast ini di-custom sesuai dengan spesialisasi pembuatnya dan pembelinya,” ungkap Yuyu Yudi, salah seorang customizer diecast yang tinggal di Surabaya.

Pasar internasional, jelas Yuyu, memang mengalami penurunan beberapa bulan terakhir. Namun, perbedaannya juga tak terlalu besar. Dia tetap menerima permintaan dari pembeli di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

”Bergantung gaya custom yang disukai. Ada juga yang peminatnya justru lebih tinggi di Jepang atau Arab Saudi,” imbuh pria yang akrab disapa Om Yuyu itu.

Yuyu sendiri hanya menerima pembeli dari Indonesia sekitar 10–20 persen saja dari total pelanggan. ”Kami biasanya memanfaatkan media sosial komunitas untuk memasarkan,” ujar ketua Indonesia Custom Convention (ICC) tersebut.

Peminat dari luar negeri, menurut Yuyu, cukup cepat merespons produk yang dia buat. Meski begitu, Yuyu juga menawarkan beberapa pilihan. Karena ongkos kirim yang cukup mahal, biasanya pembeli mancanegara cenderung memborong.

”Jadi, saya cari koleksi lama yang sekiranya cocok sama selera dia (pembeli),” imbuh laki-laki yang berdomisili di kawasan Babatan Mukti itu.

Mereka biasanya membeli 4–10 diecast dalam sekali kirim. Pembuatan custom diecast membutuhkan waktu sekitar dua hari hingga sepekan. ”Bergantung kerumitan konsep. Kalau pembersihan warna asli sebenarnya nggak sampai satu jam,” terangnya.

Modifikasi bentuk juga mungkin dilakukan jika pesanan yang diminta cukup spesifik. ”Misalnya bikin dari kapal menjadi bentuk burung kreasi juga bisa,” ucap dia.

Source