JawaPos.com – Vespa menghadirkan kembali edisi spesial yakni menyambut Imlek 2023. Dibuat spesial untuk Imlek tahun ini yang kebetulan adalah tahun Kelinci menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, Vespa meluncurkan skuter edisi khusus Year of Rabbit.

Merayakan Imlek di tahun Kelinci, yang dibuat Vespa adalah model 946 10 Anniversario 2023. Skuter edisi sangat terbatas dan bernomor ini hanya akan diproduksi 1.000 unit di seluruh dunia dan merupakan awal dari seri tahunan yang mencakup zodiak Tiongkok.

Dilansir dari laman Paultan, Vespa 946 10 Anniversario hadir dalam warna Vespa Green dengan warna pastel mutiara. Untuk 946, Vespa memproduksinya pada jalur produksi khusus untuk memproduksi bodi monocoque baja satu tempat duduk.

Bodi kemudian dilengkapi dengan stang aluminium, penyangga sadel, panel samping, spatbor depan, dan penyangga kaca spion. Vespa 946 edisi terbatas ini menggunakan pelek aluminium alloy 12 inci, dengan sirip dimaksudkan sebagai referensi untuk rem tromol skuter Vespa awal.

Pengereman dilakukan dengan rem cakram 220 mm depan dan belakang, dengan ABS dua saluran dan Kontrol Traksi sebagai perlengkapan standar. Pabrik berpendingin udara 155 cc, satu silinder, tiga katup dilengkapi dengan tenaga yang diklaim 12,7 hp pada 7.750 rpm dan torsi 12,8 Nm pada 6.500 rpm.

Informasi ditampilkan pada panel LCD di binnacle dan pencahayaan LED digunakan di seluruh bagian. Tangki bahan bakar berkapasitas 8 liter dengan ketinggian jok ditetapkan 790 mm dan jarak sumbu roda 1.340 mm.

Yang menarik dari Vespa ini justru bukan jabaran dari spesifikasi. Tapi desainnya. Seperti bisa dilihat pada gambar di atas, Vespa ini hadir dengan corak khusus bergambar Kelinci. Corak hewan pengerat tersebut ada di bagian sayap depan di area kiri dan di atas tempong kanan bagian belakang.

Warnanya juga menarik. Hijau terang, tapi tidak terlalu menyilaukan. Kemudian ada beberapa sentuhan grafis lainnya yang menandakan bahwa edisi khusus ini memang dibuat spesial untuk merayakan Tahun Kelinci.

Diketahui, Kelinci Air adalah shio tahun 2023. Masyarakat Tionghoa percaya jika kelinci adalah simbol umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran dalam budaya Tionghoa. Maka dari itu, tahun 2023 diprediksi menjadi tahun harapan yang seluas-luasnya.

Source