Heru Cek Tanggul Pantai Kalibaru, Pastikan Cilincing Aman Banjir ROB

10

JawaPos.com – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) Tanggul Pantai Kalibaru di Cilincing, Jakarta Utara. Di lokasi ini sudah terbangun tanggul pantai sepanjang 3,5 kilometer yang disebutnya akan membuat ROB tak akan menggenangi Cilincing.

“Dengan adanya (Tanggul Pantai Kalibaru) ini maka sekitar Cilincing dan lain tidak ada rembesan air laut lagi,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (20/1).

Untuk diketahui, tanggul pantai ini merupakan proyek kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan Kementerian Perumahan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Rencananya, tanggul pantai itu akan dibangun sepanjang 33 kilometer. “Tugasnya pemerintah daerah 21,8 kilometer kurang lebih,” kata Heru

Eks Wali Kota Jakarta Utara itu mengatakan bahwa proyek tersebut sudah mulai berjalan dan rencananya akan selesai tahun 2026 atau 2027 mendatang. Setelah selesainya tanggul pantai ini dibuat, Heru mewanti-wanti warga dan pemerintah setempat untuk menjaga agar tanggul itu tetap bertahan.

“Kepada pak Camat, pak Lurah, dan pak Kapolsek, tanggulnya dijaga,” pesannya.

Selanjutnya, pembangunan tanggul pantai ini akan dilanjutkan di wilayah lain ke arah Penjaringan-Muara Angke, lantas ke Perumahan Kali Adem.

Source