Indonesia-Arab Saudi Tingkatkan Hubungan Kerja Sama Perdagangan

11

JawaPos.com – Indonesia terus memperkuat laju ekspor produk UMKM ke luar negeri, salah satunya Arab Saudi. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengungkapkan ini saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan Arab Saudi, Majid bin Abdullah Al-Qasabi.

“Saat ini komitmen dan harapan pemerintah Indonesia adalah memperkuat aspek ekspor. Di samping itu, Indonesia juga ingin menjadikan Arab Saudi sebagai salah satu pasar utama produk-produk dari industri dan UMKM Indonesia, di antaranya dengan membangun pusat ritel modern di di Saudi,” kata Zulhas, Minggu (22/1).

Pertemuan bilateral tersebut membicarakan peningkatan hubungan dagang Indonesia dengan Arab Saudi di kawasan Al Ula. Masing-masing pihak menegaskan komitmen untuk meningkatkan kerja sama perdagangan.

Pemerintah Indonesia semakin memperkuat kerjasama dagang kedua negara. Zulhas menyebut, pada 2022, neraca perdagangan RI-Saudi mencapai USD 7 miliar, masih terdapat defisit USD 3 miliar.

“Tetapi jika dikurangi sektor minyak dan gas, neraca perdagangan RI-Saudi surplus USD 1 miliar,” papar Zulhas.

Zulhas merasa tersanjung mendapatkan penghormatan yang luar biasa dari Mendag Arab Saudi Majid Al-Qasabi.

“Semoga persaudaraan ini berdampak pada kerjasama Indonesia dengan Arab Saudi yang jauh lebih baik di kemudian hari,” ungkap Zulhas.

Sementara itu, Majid Al-Qasabi mengakui hubungan kerja sama dengan pemerintah Indonesia perlu ditingkatkan, salah satunya sektor perdagangan.
Kedekatan Saudi dengan Indonesia adalah modal penting yang harus berimplikasi pada keuntungan ekonomi kedua negara.”

“Selama ini kami cukup malu kerjasama dengan Indonesia belum maksimal. Akan kami perbaiki ke depan,” pungkasnya.

 

Source