JawaPos.com – Berbagai tradisi saat perayaan Imlek, kaya akan budaya warisan leluhur. Tradisi tersebut juga masih dilakukan sampai saat ini dan dipercaya membawa keberuntungan atau kesialan di tahun mendatang.

Dengan prinsip-prinsip fengshui, sejumlah tradisi dapat dilakukan di rumah untuk menumbuhkan perasaan damai. Sejumlah tradisi dapat melambangkan kelimpahan dan kemakmuran.

“Pergerakan energi di rumah, yang dikenal sebagai qi, dapat membuat perbedaan dalam perasaan dan apa yang dapat dicapai. Menggunakan teknik fengshui dapat menciptakan aliran energi sehat atau chi yang konsisten di rumah, dapat membantu meningkatkan kreativitas dan meningkatkan kesejahteraan Anda, memperkuat hubungan, serta meningkatkan kekayaan dan kesuksesan,” kata master Fengshui Singapura, Clarice Chan, seperti dilansir dari Tatler Asia, Minggu (22/1).

Berikut adalah daftar tradisi Tahun Baru Imlek yang masih dirayakan dan dipercaya mendatangkan hoki dan cuan seperti laporan AsiaOne. Apa saja?

1. Makan Bersama

Orang Tionghoa menyukai makanan yang khas dan memiliki makna. Ayam melambangkan kebahagiaan dan perkawinan, telur melambangkan kesuburan, ikan bila disajikan utuh berarti kemakmuran dan kelimpahan, dan juga diyakini membantu keinginan Anda menjadi kenyataan. Jeruk mandarin melambangkan emas dan kekayaan serta keberuntungan, itulah sebabnya semua orang suka bertukar jeruk mandarin. Kacang leci berarti ikatan keluarga dekat dan pomelo melambangkan kelimpahan, kemakmuran, dan memiliki anak.

2. Bagikan Jeruk Mandarin

Sepanjang acara, Anda harus menyimpan berbagai hidangan dan camilan Tahun Baru Imlek. Jeruk Mandarin memberi makna keberuntungan. Oleh karena itu, sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat untuk membawa jeruk mandarin saat mengunjungi anggota keluarga dan membagikannya sebagai tanda berbagi rejeki.

3. Makan Ikan

Makan ikan merupakan salah satu syarat selama Tahun Baru Imlek. Anda harus meninggalkan beberapa ikan di atas piring untuk mewakili kelimpahan di masa depan. Selain itu, membalik ikan dianggap sial. Untuk menghindari mengubah keuntungan Anda menjadi kerugian, Anda harus membuang tulang belakang ikan setelah setengah bagian atasnya dikonsumsi.

4. Menegur Sapa

Sapa semua orang yang Anda temui. Selama Tahun Baru Imlek, merupakan kebiasaan baik untuk menyapa semua orang yang Anda temui.

5. Nyalakan kembang api dan petasan

Suara petasan dipercaya dapat menakuti roh jahat. Anda akan dapat mendengar petasan sepanjang malam di banyak wilayah Tiongkok. Budaya Tionghoa sangat menekankan kembang api. Pada pertemuan yang meriah, kembang api sering terdengar.

6. Jangan Bersihkan Rumah

Salah satu tradisi Tahun Baru Imlek yang paling populer adalah melakukan pembersihan musim semi. Sebelum Imlek, penting untuk membersihkan rumah. Selain itu, Anda akan menyingkirkan segala kesialan yang mungkin terkumpul selama 12 bulan sebelumnya. Akan tetapi berhati-hatilah semuanya perlu dibersihkan sebelum awal tahun baru. Sebab jangan membersihkan rumah saat perayaan Imlek jika tak ingin rezeki kabur.

7. Pakai Warna Merah

Kenakan warna merah sebanyak yang Anda bisa. Baik itu pakaian dalam, kaus kaki, sweater, atau topi, kenakan pakaian berwarna merah. Karena dalam budaya Tionghoa, warna tersebut diasosiasikan dengan kesetiaan, kesuksesan, dan kebahagiaan. Merah salah satu warna keberuntungan. Angpao merah juga dibagikan kepada anak-anak.

8. Lunasi Tagihan

Hapus hutang Anda. Awal yang baru untuk tahun baru. Jangan berutang apa pun kepada siapa pun di tahun baru.

Source