Jatah Kursi DPRD Jatim Dapil Surabaya Potensial Bertambah

11

JawaPos.com – Jumlah kursi anggota DPRD Jatim yang diperebutkan pada Pemilu 2024 mendatang dipastikan tetap. Yakni, 120 kursi. Jumlah daerah pemilihan (dapil) juga sama, yakni 14 dapil.

Yang berpotensi berubah adalah jatah kursi di sejumlah dapil. Ada yang bertambah dan juga berkurang. Selain itu, ada kemungkinan tidak ada perubahan sama sekali.

Hal itu terungkap dalam uji publik rancangan dapil Pemilu 2024 DPRD Jatim yang digelar KPU Jatim di Surabaya, Kamis (19/1). Dalam forum tersebut, KPU menyampaikan tiga rancangan usulan.

’’Rancangan ini kami sampaikan kepada seluruh stakeholder. Agar mendapatkan tanggapan serta masukan,’’ kata Ketua KPU Jatim Choirul Anam.

Untuk rancangan pertama, alokasi jatah kursi di 14 dapil pemilu DPRD Jatim sama persis dengan Pemilu 2019. Yang kemungkinan berubah adalah penamaan dapil yang disesuaikan dengan Peraturan KPU 6/2022.

Sementara itu, untuk rancangan kedua, ada perubahan alokasi kursi di dua dapil. Revisi tersebut mengacu perkembangan jumlah penduduk Jatim berdasar data agregat kependudukan kecamatan (DAK2) semester I 2022 yang mencapai 41.144.067 jiwa.

Dua dapil yang mengalami perubahan alokasi itu adalah Jatim 1 (Surabaya). Dari sebelumnya delapan kursi, bertambah menjadi sembilan kursi. Sementara itu, dapil 11 (meliputi Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, dan Ngawi) berkurang dari 12 kursi menjadi 11 kursi. Sedangkan alokasi kursi di 12 dapil lainnya tetap.

Untuk rancangan yang ketiga, alokasi jatah kursi di semua dapil pemilu persis dengan rancangan kedua. Selain itu, KPU berencana memecah dapil di Pulau Madura menjadi dua. Berbeda dengan pemilu sebelumnya yang dijadikan satu dapil dengan alokasi 12 kursi.

’’Nanti ada dua dapil di Madura. Yakni, dapil 14 dan 15. Dengan alokasi masing-masing 6 kursi tiap dapil,’’ kata Komisioner KPU Jatim Insan Qoriawan.

Dia menjelaskan, tiga rancangan tersebut disampaikan melalui uji publik untuk mendapat tanggapan dari semua stakeholder yang terlibat. Setelah itu, rancangan yang sudah diuji publik itu diserahkan ke KPU RI. ’’Kewenangan untuk menetapkan ada di KPU RI,’’ tegas Insan.

TIGA OPSI ALOKASI KURSI DPRD JATIM PADA PEMILU 2024

Opsi pertama: Persis dengan Pemilu 2019

Opsi kedua:

– Jatah kursi dapil Jatim 1 (Surabaya) bertambah satu kursi

– Jatah kursi dapil Jatim 11 (Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, dan Ngawi) berkurang satu

Opsi ketiga:

– Jatah kursi tiap dapil mengacu opsi kedua

– Pulau Madura dijadikan dua dapil

Source