Kejar Target Pariwisata, Pemerintah Tambah Penerbangan Internasional

43

JawaPos.com – Pemerintah optimistis target kunjungan wisatawan mancanegara pada 2023 tercapai. Untuk mendukung target itu lebih mudah terealisasi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong maskapai penerbangan menambah rute internasional ke Indonesia.

Sandiaga mengatakan, aktivitas ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) meningkat tajam pasca pencabutan kebijakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada akhir 2022.

Salah satu indikatornya terlihat dari tingkat hunian di sejumlah kota yang meningkat pesat. Bahkan, di destinasi favorit menembus mencapai 100 persen.

“Aktivitas ekonomi khususnya di pariwisata dan ekonomi kreatif meningkat secara signifikan dengan tingkat hunian kamar mencapai angka 80-90 persen di beberapa destinasi dan untuk destinasi favorit, Bandung, Yogyakarta, dan Bali malah mencapai angka 100 persen,” kata Sandiaga dalam konferensi pers bersama Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/1).

Berkat pulihnya sektor pariwisata, pemerintah optimistis target peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2023 tercapai. Untuk target tersebut, jumlah penerbangan internasional juga akan ditingkatkan.

“Juga tadi Bapak Presiden memberikan arahan, agar pembangunan di KEK (kawasan ekonomi khusus) pariwisata dipercepat sehingga terciptalah peluang usaha dan lapangan kerja,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut mantan wagub DKI Jakarta itu, Pemerintah akan memberikan kemudahan penyelenggaraan berbagai kegiatan. Mulai dari MICE (meetings, incentives, conventions, and exhibitions), musik, hingga olahraga. Semua itu diharapkan dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan baik mancanegara dan wisatawan domestik.

“Ada juga deregulasi atau kemudahan dari segi penyelenggaraan event yang diharapkan bisa memicu kegiatan MICE, juga kegiatan event berbasis musik, berbasis olahraga, yang diharapkan bisa mendorong terciptanya wisatawan mancanegara kunjungannya 7,4 juta di batas atas dan pergerakan wisata nusantara di angka 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara,” ujar Sandiaga Uno.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bercerita bahwa transportasi pulih. Hal itu terbukti dengan peningkatan permintaan semasa libur akhir tahun.

Kendati harga tiket pesawat cukup tinggi alias mahal, tetapi yang pada momen itu tetap saaj mencari cari tempat duduk.

Selain itu, berbagai akomodasi di sebuah tempat destinasi pun sudah fully booked alias sudah terpesan semua.

Hal itu juga dialami Sri Mulyani. Dia tidak bisa memesan hotel secara mendadak di Bali pada libur akhir tahun.

“Karena saya tidak punya rencana holiday tapi last minute tiba-tiba saya punya waktu christmas (libur Natal) dua hari. Saya ingin pergi ke Bali, tapi yang terjadi tidak seperti yang diinginkan. Karena hotel itu sudah fully booked. Menteri Keuangan enggak bisa booked, Pak Sunarso. Karena tidak pernah planning,” curhat Sri Mulyani.

“Ini hanya menggambarkan cerita tentang recovery yang sangat cepat di sektor akomodasi, makanan dan minuman, transportasi yang kena dampak luar biasa (saat Covid-19),” tandasnya.

Source