Kemarin, Bendungan Kuwil Kawangkoan hingga mutasi 223 perwira

20

Jakarta (ANTARA) – Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Kamis (19/1), mulai dari Presiden RI Joko Widodo berharap Bendungan Kuwil Kawangkoan mencegah banjir bandang hingga Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono melakukan mutasi terhadap 223 orang perwira.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Presiden harap Bendungan Kuwil Kawangkoan cegah banjir bandang Manado

Presiden RI Joko Widodo berharap keberadaan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Mihanasa Utara, Sulawesi Utara, bisa turut mencegah banjir bandang yang pernah terjadi tahun 2014 di Manado.

“Karena ini berada di atas Manado, sehingga kalau tidak dihentikan di sini airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir seperti saya ingat pernah 2014 di Manado banjir bandang,” kata Presiden dalam sambutannya pada peresmian bendungan di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis, sebagaimana dipantau dalam tayangan langsung Youtube Sekretariat Presiden dari Jakarta.

Selengkapnya baca di sini.

2. Menpan RB kebut detil penataan tenaga non-ASN bersama asosiasi pemda

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mendorong percepatan perumusan alternatif terbaik penataan tenaga non-Aparatur Sipil Negara (non-ASN) bersama jajaran asosiasi pemerintah daerah.

Upaya tersebut dilakukan melalui Rapat Koordinasi (Rakor) Kebijakan Penataan Tenaga Non-ASN yang menghadirkan para gubernur, wali kota, dan bupati di Kantor Kemenpan RB, Jakarta, pada Rabu (18/1) kemarin, demikian seturut keterangan pers yang diterima Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

3. Puan langsungkan pertemuan bilateral dengan Ketua Parlemen Korsel

Ketua DPR RI Puan Maharani menerima secara resmi kunjungan Ketua Majelis Nasional Korea Selatan (Korsel) Kim Jin-pyo beserta delegasi Parlemen Korsel di Gedung DPR RI untuk pertemuan bilateral.

Kim Jin-pyo bersama rombongan tiba di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, sekitar pukul 10.00 WIB, Kamis. Kim Jin-pyo kemudian mengisi testimoni di Gedung Nusantara atau Gedung Kura-Kura DPR, kemudian melangsungkan sesi foto bersama sebelum pertemuan bilateral dilangsungkan.

Selengkapnya baca di sini.

4. Ketua MPR RI ajak Ketua Parlemen Korea Selatan pastikan IK-CEPA

Pertemuan delapan elite partai politik menghasilkan pernyataan sikap soal sistem proporsional tertutup dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak Ketua Parlemen Korea Selatan Kim Jin Pyo untuk bekerja sama memastikan realisasi konkret Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Korea (Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement/IK-CEPA).

“IK-CEPA yang telah ditandatangani pada 18 Desember 2020 di Seoul dan sudah mulai berlaku mulai 1 Januari 2023 sehingga dapat memperkuat hubungan kerja sama ekonomi, perdagangan, dan investasi antara kedua negara,” kata Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam keterangannya diterima di Jakarta Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

5. Panglima TNI mutasi 223 perwira termasuk Kasum

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono melakukan mutasi terhadap 223 orang perwira termasuk Kepala Staf Umum TNI Letnan Jenderal Eko Margiyono.

Mutasi itu tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/48/I/2023 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI tertanggal 16 Januari 2023 yang salinan dokumennya diperoleh ANTARA pada Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2023

antaranews