Ketua MPR ajak Hipmi kampanyekan belanja produk dalam negeri

22

Harus berani mengikuti langkah tegas Presiden Jokowi yang konsisten menerapkan hilirisasi di tengah penolakan negara-negara lain

Jakarta (ANTARA) – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak jajaran Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) mendukung langkah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan mengkampanyekan belanja produk dalam negeri.

Ketua MPR meyakini Hipmi yang memiliki 239 orang pengurus dan sekira 236 ribu anggota aktif dari Sabang hingga Merauke punya peran besar untuk mendukung gerakan yang dicanangkan Presiden Jokowi tersebut.

“Tidak hanya pemerintah, swasta juga bisa ikut terlibat di dalamnya,” kata Bambang dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Terlebih, lanjut Bambang, Presiden Jokowi juga sempat menyampaikan bahwa sepanjang 2022 gerakan belanja produk dalam negeri telah mencapai Rp762 triliun dan bahkan per Januari 2023 inisiatif serupa dikampanyekan pula oleh Amerika Serikat.

Ketua MPR menyampaikan hal itu seusai menghadiri pelantikan Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi 2022-2025 di bawah kepemimpinan Ketua Umum Akbar Himawan Buchari di Jakarta, Senin.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu juga mengimbau Hipmi agar turut mendukung kebijakan Presiden Jokowi lainnya, yakni penerapan hilirisasi industri sumber daya alam (SDA) Indonesia, khususnya di sektor minyak, gas, mineral, dan batu bara.

Menurut Bamsoet, Hipmi harus berani mengikuti langkah tegas Presiden Jokowi yang konsisten menerapkan hilirisasi di tengah penolakan negara-negara lain termasuk lewat gugatan di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Pasalnya, hilirisasi SDA telah menciptakan sedikitnya 9,6 juta lapangan kerja dan memberikan nilai tambah hingga 715 miliar dolar AS bagi pemasukan negara.

Bamsoet menekankan bahwa hilirisasi teramat penting mengingat kekayaan SDA Indonesia yang berlimpah, salah satunya sebagai penghasil nikel terbesar di dunia.

Pada tahun 2021 misalnya, Indonesia memproduksi 1 juta metrik ton nikel, di mana 90 persen cadangannya tersebar di Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara.

Selain itu Indonesia juga memiliki cadangan batu bara berlimpah mencapai 31,69 miliar ton pada 2021, atau sebagai produsen terbesar kedua di dunia setelah China.

“Cadangan batu bara terbesar ditemukan di Kalimantan Timur, sebesar 13,61 miliar ton. Indonesia juga menempati urutan keenam sebagai penghasil emas terbesar di dunia, kemudian tembaga peringkat ketujuh, dan gas alam peringkat ke-13,” tutur Bamsoet.

Di sisi lain, Ketua DPR RI 2018-2019 itu mengingatkan agar jajaran BPP Hipmi segera bekerja keras selepas dilantik, khususnya dalam membantu pemerintah dan masyarakat memulihkan perekonomian sekaligus menjadi penggerak pendukung keberlanjutan kesinambungan pembangunan nasional.

“Awal yang baik telah dilakukan Hipmi dengan melakukan terobosan meluncurkan Hipmi GO, superapp yang dapat menangkap peluang berbagai ekonomi digital, sekaligus berfungsi sebagai pengembangan SDM, akses paras, akses pembiayaan, akses perizinan dan regulasi, serta research and development,” katanya.

“Hipmi GO juga bisa dimanfaatkan pemerintah untuk menjadi mitra LKPP, penyaluran KUR, pembuatan NIB, dan berbagai program kerja lainnya,” ujar Bamsoet melengkapi.
Baca juga: Ketua MPR tegaskan pentingnya pendidikan karakter bangsa
Baca juga: Wakil Ketua MPR minta prioritas keselamatan korban helikopter Jambi

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2023

antaranews