Lagi Tren di Surabaya, Polisi Tegur Sepeda Listrik di Jalan Raya

10

JawaPos.com- Penggunaan sepeda listrik tengah tren di Surabaya. Selain di lingkungan permukiman, para pengguna kerap melintas di jalan raya. Misalnya, di Jalan Raya Sidorame kemarin (23/1) ada warga yang naik sepeda listrik di lokasi tersebut.

Pengendara tidak memperhatikan keselamatan dengan tidak memakai helm. Bahkan, kendaraan melaju cukup kencang, layaknya pengguna kendaraan bermotor. Selain di Jalan Sidorame, penggunaan sepeda listrik sering ditemui di jalan lain.

Tak hanya orang dewasa, sepeda listrik juga banyak digunakan oleh anak-anak. Salah seorang pengendara, Minah, 48, merasa lebih nyaman menggunakan sepeda listrik dibandingkan sepeda motor. Selain tidak berisik, bobot sepeda listrik jauh lebih ringan.

Kaur Bin Ops Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Ipda Sugeng Utomo mengatakan, sepeda listrik dilarang melintas di ruas jalan raya atau jalan protokol. Sebab, itu sangat membahayakan. Apalagi, pengendara abai pada keselamatan.

Mereka juga kerap menyalahi peraturan lalu lintas. ’’Sepeda listrik juga tidak dilengkapi dengan surat kendaraan. Tidak punya STNK dan tidak ada pelat nomor. Jadi, kendaraan itu hanya diperuntukkan melintas di jalan lingkungan,’’ kata Sugeng.

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya bakal menegur pengendara. Jika ada yang tertangkap tangan, diminta untuk putar balik ke jalan lingkungan.

Source