JawaPos.com – Menurut laporan terbaru, Apple berencana untuk mentransisikan Apple Watch dari panel layar OLED ke layar Micro-LED internal baru. Keputusan Apple terkait hal ini sebelumnya telah banyak diperbincangkan, dengan terkini seorang analis industri layar baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa transisi memang terjadi.

Peralihan pindahnya Apple ke layar Micro-LED untuk Apple Watch sebelumnya cukup menjadi perbincangan para gadget enthusiast di internet. Sebelumnya dilaporkan oleh Mark Gurman dari Bloomberg bahwa Apple berencana untuk menggunakan tampilan Micro-LED di Apple Watch mulai tahun 2024 atau 2025, dengan suku cadang yang dirancang sendiri.

Namun, laporan baru oleh analis industri layar, Ross Young menambahkan konteks lebih lanjut dengan menyatakan bahwa LG Display akan memulai produksi suku cadang Micro-LED pada paruh kedua tahun 2024, menyisakan cukup waktu untuk memproduksi panel untuk Apple. Switching ke teknologi Micro-LED memungkinkan reproduksi warna yang lebih baik, kontras yang lebih baik, dan tampilan yang lebih cerah di Apple Watch.

Meskipun belum jelas model Apple Watch mana yang akan menjadi yang pertama beralih ke jenis panel layar demikian, Apple Watch Ultra kelas atas tampaknya merupakan pilihan yang logis mengingat audiens target dan range harganya. Kecerahan yang meningkat juga bisa menjadi keuntungan bagi pelanggan yang menggunakan jam tangan ini di luar ruangan.

Namun perlu dicatat bahwa Apple bukan satu-satunya perusahaan yang mempertimbangkan teknologi Micro-LED untuk perangkat yang dapat dikenakan, karena laporan baru-baru ini menunjukkan bahwa Samsung juga mempertimbangkan teknologi untuk perangkat yang dapat dikenakan sendiri.

Peralihan ke teknologi Micro-LED adalah hal yang signifikan dan akan membutuhkan bantuan perusahaan seperti LG Display untuk mewujudkannya. Ketika industri terus berkembang, akan menarik untuk melihat bagaimana dan kapan raksasa teknologi ini akan menerapkan Micro-LED ke dalam lini produk mereka.

Source