Maju-Mundur Rencana Pengoperasian Feeder di Kota Surabaya

13

JawaPos.com- Komisi C DPRD Surabaya meminta dishub untuk segera mengoperasikan feeder atau angkutan pengumpan. Sebab, hal itu akan terhubung dengan moda transportasi publik. Seperti Suroboyo Bus dan Trans Semanggi Suroboyo (TSS).

Anggota Komisi C DPRD Surabaya William Wirakusuma menyampaikan, operasional feeder sangat ditunggu-tunggu masyarakat pengguna transportasi publik. Sebab, angkutan itu akan sangat memudahkan warga.

Feeder menjadi sarana angkutan warga dari tempat tinggalnya ke jalur angkutan publik. ”Jika feeder sudah beroperasi, warga tidak perlu lagi naik kendaraan pribadi ke halte,” kata William kemarin (23/1).

Dishub sudah mendatangkan 36 unit feeder berjenis Hiace. Itu hasil pengadaan tahun anggaran 2022. Dia pun berharap angkutan tersebut bisa segera dioperasikan. ”Kami berharap 1 Februari ini sudah bisa jalan,” ujar William.

Sejauh ini dishub masih menyiapkan perangkat kelengkapan operasional feeder. Untuk sumber daya, misalnya, harus menyiapkan tenaga driver serta helper. Rekrutmen dilakukan sejak awal Januari lalu. Dishub juga harus menyiapkan rute yang akan dilewati feeder. Sebisanya rute yang dilintasi tidak bersinggungan dengan angkutan yang sudah ada.

Selain itu, dishub menyiapkan perangkat lain seperti sistem pembayaran yang terintegrasi dengan Suroboyo Bus. Juga, terhubung dengan aplikasi GoBis.

Aplikasi tersebut menggunakan koneksi internet untuk memantau pergerakan bus dan feeder. Data akan ditampilkan secara real time. Berbagai sistem itu harus sudah siap sebelum di-launching. ”Jangan sampai saat launching, masih ada sistem yang belum beres. Maka, kami minta dishub untuk prepare dengan baik,” tegas William.

Dia optimistis jika berjalan baik, feeder bisa menjadi role model angkutan publik yang terintegrasi. Itu akan semakin menarik minat warga untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi publik. Kemacetan pun bisa ditekan. ”Ini bisa jadi pilot project karena sangat mendukung transportasi publik,” papar politikus PSI itu.

Source