Mohon Maaf, Pelebaran Jalan Raya Tlocor Batal Tahun Ini

14

JawaPos.com- Jalan Raya Tlocor di Kecamatan Jabon, Sidoarjo, batal dilebarkan tahun ini. Pelebaran tetap akan dilakukan, tetapi baru tahun depan. Sebab, perencanaan jalan tersebut sudah tuntas.

Sebelumnya, pada 2022 lalu, pemkab melebarkan tikungan di turunan exit toll HK Jabon. Dari lebar 5 meter menjadi 9 meter. Dengan begitu, kendaraan truk besar lebih mudah memutar dari tol HK menuju Jalan Raya Tlocor.

Pasca pelebaran tersebut, tahun ini Pemkab Sidoarjo rencananya melebarkan Jalan Raya Tlocor, Jabon. Akses itu dilebarkan karena kerap digunakan kendaraan besar menuju kawasan industri di Jabon.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Sidoarjo Rizal Asnan menyatakan bahwa pelebaran jalan tersebut ditunda. ’’Karena anggarannya masih untuk yang lain,’’ katanya. Seperti pembangunan frontage road dan betonisasi ruas lain.

Kebutuhan anggaran pelebaran Jalan Raya Tlocor itu cukup besar. ’’Butuh sekitar Rp 11 miliar,’’ ungkapnya. Namun, Rizal menyebut perencanaan pelebaran jalan itu sudah tuntas dilakukan.

Rencananya dilebarkan hingga 8 sampai 9 meter sepanjang 6 kilometer dari bawah tol HK Jabon menuju ke timur ke arah Wisata Bahari Tlocor. Saat ini, lebar jalan tersebut masih 5 meter.

Pemkab Sidoarjo tak perlu membebaskan lahan untuk pelebaran jalan itu. Sebab, lahan di sisi jalan tersebut milik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas. ’’Butuh koordinasi saja,’’ jelasnya. Sementara itu, ruas jalan lainnya yang akan dibeton tahun ini kini mulai proses lelang konsultan.

Setidaknya sudah ada 11 jalan yang kini sedang proses lelang konsultan. Lelang konsultan tersebut dilakukan sebelum lelang pelaksanaan. Konsultan itu akan mengawasi selama proses pelaksanaan. ’’Sekarang lelang konsultannya mulai dilakukan. Rencananya Februari mulai lelang pelaksanaannya,’’ ungkap Rizal.

Sebelas jalan tersebut, antara lain, jalan di ruas Suko–Geluran, Tulangan–Durungbedug, Banjar Panji–Tanggulangin, Krembung–Mojoruntut, Bringinbendo–Tanjungsari, dan Banjarsari–Damarsi.

Source