Pelatih Bank Sumsel asal Korea Selatan Merasa Timnya Dirugikan Wasit

10

JawaPos.com-Pelatih Palembang Bank SumselBabel asal Korea Selatan Lee Young-taek merasa timnya dirugikan atas keputusan wasit saat berhadapan dengan Jakarta BNI 46 pada putaran pertama pekan ketiga PLN Mobile Proliga 2023.

Pada pertandingan ke-43 putaran pertama yang berlangsung di venue PSCC, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (22/1) malam itu, Palembang Bank SumselBabel kalah dari Jakarta BNI 46 dengan skor 1-3 (25-17, 25-21, 23-25, 25,23).

“Saya tidak ingin berkomentar, karena saya kurang puas atau cenderung dirugikan dengan keputusan wasit malam ini,” kata Young, saat konferensi pers seusai pertandingan dikutip dari Antara.

Young menilai semestinya pada pertandingan tersebut anak asuhnya mendapatkan beberapa poin krusial, namun dianulir oleh wasit bola jatuh di sisi luar garis lapangan. “Nah, saya tidak tahu (keputusan) itu disengaja atau tidak oleh tim wasit yang bertugas,” katanya.

Dia menjelaskan, pernyataan tersebut disampaikan bukan untuk mendiskreditkan kapabilitas wasit, tapi lebih sebagai bahan evaluasi bersama untuk kemajuan olahraga voli Indonesia.

Sebab, menurutnya, kondisi perdebatan dengan wasit terkait sah tidaknya bola yang bergulir, bukanlah kali pertama yang dialami oleh Palembang Bank SumselBabel.

Bahkan sebagian besar tim yang bertanding pada putaran pertama Proliga 2023, juga pernah merasakan kekecewaan atas keputusan wasit.

“Oleh inilah kami sejak awal menyarankan setiap pertandingan mesti dilengkapi teknologi yang dapat membantu kerja wasit, seperti video challenge atau VAR untuk memastikan kebenaran sah tidaknya, jadi tidak timbul perdebatan,” ujarnya.

Palembang Bank SumselBabel menutup putaran pertama PLN Mobile Proliga 2023 dengan raihan enam poin, yang menempatkan mereka pada peringkat keenam klasemen sementara.

Pada seri Palembang, tim berjulukan The Challenger ini melakoni sebanyak tiga pertandingan kandang. Hasilnya dua pertandingan berakhir dengan kekalahan, yakni dari Jakarta BNI 46 dan Jakarta LavAni Allo Bank kalah 3-2 (25-16, 21-25, 25-20, 22-25, 15-12), pada Kamis (19/1). Satu kemenangan diraih saat berhadapan dengan Kudus Sukun Badak pada Sabtu (21/1) dengan skor 3-1 (23-25, 20-25, 25-22, 22-25).

Source