Peminat Trans Jatim Terus Naik, Buka Rute Baru hingga Tambah Armada

13

JawaPos.com- Trayek bus Trans Jatim bakal ditambah tahun ini. Rencananya, bus milik Pemprov Jatim tersebut lewat jalur bawah tanpa tol. Yakni, lewat Buduran–Gedangan hingga Waru.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo Edi Sutiono menjelaskan, karena tingginya antusiasme penumpang, rute jalur bawah bakal dibuka. ”Rencana dioperasikan bus koridor II rute Kota Mojokerto ke Terminal Joyoboyo via bawah dan koridor III rute Kota Sidoarjo ke Terminal Joyoboyo via bawah atau lewat Gedangan,” jelas Edi.

Rencana tersebut kini masih dimatangkan. Dia belum dapat memastikan kapan rute baru bus Trans Jatim itu beroperasinya. ”Tapi, rencananya pada 2023 ini,” ungkapnya.

Selain menambah rute baru, bus untuk koridor I rute Sidoarjo–Surabaya–Gresik juga akan ditambah pada April mendatang. Rencananya ada penambahan 10 bus dan 1 bus cadangan.

Saat ini, lanjut dia, sudah ada 20 bus dan 2 bus cadangan Trans Jatim. Dengan penambahan tersebut, akan ada sebanyak 33 bus yang beroperasi dari Terminal Porong hingga Terminal Bunder, Gresik.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo Benny Airlangga menilai penambahan tersebut tepat. Sebab, hampir setiap hari bus tersebut penuh. ”Selalu ada penumpang yang berdiri. Terutama saat akhir pekan,” jelasnya. Salah satu penyebabnya, tarifnya juga terjangkau. Santri dan pelajar hanya Rp 2.500 dan Rp 5.000 untuk umum.

Benny menyebutkan, Pemkab Sidoarjo akan mendukung angkutan massal tersebut dengan menyiapkan angkutan pendamping. Pihaknya kini menyiapkan untuk rute Krian hingga Sidoarjo kota. Sebab, bus Trans Jatim tidak melintasi wilayah barat Sidoarjo seperti Wonoayu, Tulangan, dan Krian.

Rencananya, pihaknya menggunakan bus kecil atau elf untuk mengantar ke halte-halte bus Trans Jatim. ”Karena busnya kan lewat tol. Jadi, belum menjangkau wilayah barat. Ini kami kaji dulu transportasi pendampingnya,” katanya.

Kajian tersebut untuk memastikan agar angkutan pendamping itu tidak berbenturan dengan trayek angkot. Baik rute maupun kebutuhan armadanya.

Source