Presiden Forum Air Dunia puji Indonesia “juara” pembangunan bendungan

28

Tadi saya bicara dengan Presiden Jokowi, saya katakan Indonesia adalah juara dunia dalam hal pembangunan bendungan

Jakarta (ANTARA) – Presiden Forum Air Dunia (World Water Council) Loic Fauchon memuji Indonesia sebagai juara dalam hal pembangunan bendungan.

“Tadi saya bicara dengan Presiden Jokowi, saya katakan Indonesia adalah juara dunia dalam hal pembangunan bendungan,” katanya dalam konferensi pers 10th World Water Forum (Forum Air Dunia ke-10) di Jakarta, Rabu.

Loic mengatakan bendungan sangat dibutuhkan di tengah pertumbuhan demografi dan perubahan iklim karena kebutuhan air akan meningkat. Maka, peran bendungan menjadi penting karena cadangan air bisa disimpan.

“Dengan kapasitas yang lebih banyak untuk menyimpan air dan mengingat salah satu upaya untuk ketahanan pangan dan memberi makan populasi, kita memerlukan bendungan untuk menyimpan cadangan air,” katanya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dalam kesempatan yang sama menyebut pemerintah Indonesia telah meresmikan pembangunan 38 dari total 61 bendungan sejak 2014 silam.

Pembangunan bendungan, menurut Basuki, punya peran penting untuk turut menjaga ketahanan pangan karena suplai air bisa diatur untuk mendukung produktivitas pertanian.

“Kita punya 7,3 juta hektare lahan sawah tapi hanya 10 persen yang disuplai dari dam. Sisanya dari hujan, jadi cuma bisa tanam sekali setahun karena tidak ada reservoir. Kalau semua (dam) selesai, nanti akan ada tambahan 9-10 persen lahan irigasi. Dengan begitu, suplai air bisa diatur pola tanam sehingga lebih dari dua kali tanam setahun. Produksi meningkat sehingga terjadi ketahanan pangan,” katanya.

Baca juga: Menteri PUPR: Hasil World Water Forum jadi referensi global
Baca juga: World Water Forum 2024 momentum tingkatkan kerja sama pengelolaan air
Baca juga: Forum Air Dunia Ke-10 digelar di Bali tahun 2024

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2023

antaranews