JawaPos.com – Menurut laporan Insider Gaming, Sony akan menghadirkan pembaruan firmware PlayStation 5 (PS5) versi 7.00 pada 8 Maret mendatang. Pembaruan ini diklaim akan menghadirkan dukungan untuk streaming yaitu game berbasis cloud untuk game PS5.

Sebelumnya, fitur game cloud tersebut hanya terbatas pada beberapa game PS3 dan PS4 saja. Selain itu, pembaruan ini juga akan menghadirkan integrasi platform obrolan suara Discord.

Menurut sumber yang dekat dengan informasi tersebut, dilansir via ITHome, setelah firmware versi 7.00 diperbarui, game Sony PS5 dapat dimainkan di PS5 dalam bentuk cloud streaming. Secara fungsi hal ini jelas bisa menghemat ruang hard disk.

Selain itu, ada laporan bahwa nama proyek dari fitur ini adalah Cronus. Ini akan dimasukkan dalam keanggotaan tingkat ketiga dan telah dikembangkan dan diuji selama beberapa bulan terakhir oleh Sony.

Kabar tersebut juga menyebutkan bahwa versi beta testing publik dari update Playstation 5 versi 7.00 akan dimulai dalam beberapa hari ke depan dan akan berakhir pada tanggal 30 bulan ini. Namun, sumber mengklaim bahwa selama periode beta ini, penguji tidak akan dapat menggunakan fungsi Discord.

Sebagai informasi, Discord adalah perangkat lunak obrolan suara dan teks all-in-one untuk para gamer. Dengan fitur ini, para gamers yang misalnya sedang bermain game yang sama dimungkinkan untuk saling berkomunikasi.

Fitur ini dimulai dari layanan suara game dan alat IM. Sony juga sempat beralih ke platform siaran langsung, dan kemudian membuka platform komunitas untuk toko game menjadi alat yang disukai para gamer untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dalam game.

Untuk informasi terkait fitur lainnya selain yang sudah disebutkan di atas memang masih terbatas. Namun demikian, dengan embel-embel pembaruan besar, harusnya update ini juga akan membawa fitur lainnya.

Source