Shi Yu Qi Fokus Dongkrak Ranking demi Berlaga di Olimpiade Paris 2024

10

JawaPos.com – Pebulu tangkis putra Tiongkok Shi Yu Qi mengakui bahwa ia masih berambisi untuk berlaga di Olimpiade Paris 2024. Yu Qi mengakui bahwa merealisasikan hal tersebut tidak akan jadi perkara mudah karena saat ini peringkatnya merosot drastis.

Untuk diketahui, Yu Qi saat ini terserak di ranking 27 dunia. Sempat didera cedera cukup lama, ditambah larangan bermain oleh Federasi Bulu Tangkis Tiongkok akibat tingkah tidak sportifnya di Piala Thomas 2022, membuat peringkat Yu Qi yang tadinya berada di jajaran 5 besar dunia menjadi terjun bebas.

Untuk diketahui, hanya dua perwakilan dari tiap negara yang berhak untuk melaju ke gelanggang olimpiade, yakni dua pemain yang memiliki ranking tertinggi di negaranya.

Dalam kasus Shi Yu Qi, saat ini masih ada empat pemain yang punya peringkat lebih tinggi darinya. Mereka adalah Lu Guang Zu (10), Zhao Jun Peng (11), Li Shi Feng (20), dan Weng Hong Yang (24). Ini berarti, Yu Qi perlu bekerja keras untuk bisa setidaknya menyalip peringkat tiga kompatriotnya yang lain.

Yu Qi sendiri ikut berpartisipasi di Olimpiade Tokyo 2020 lalu. Di event tersebut, ia menyerah di babak perempat final usai tumbang di tangan juara Olimpiade Tokyo 2020 asal Denmark, Viktor Axelsen.

Ditemui di sela-sela perhelatan Indonesia Masters 2023, Yu Qi mengakui bahwa ia menyadari betul hal ini.

“Aku masih ingin bermain di Olimpiade, tapi itu tidak akan jadi hal yang mudah karena ranking-ku saat ini ada jauh sekali di bawah,” kata Yu Qi usai menumbangkan Anthony Sinisuka Ginting di babak kedua Indonesia Masters 2023 dengan skor 21-19 dan 21-16.

“Tentunya aku harus mendongkrak ranking-ku ke posisi yang lebih tinggi. Aku harus mencapai hasil terbaik di setiap turnamen yang aku ikuti, supaya nantinya aku bisa lolos kualifikasi,” sambung Yu Qi.

Shi Yu Qi akan menghadapai rekan senegaranya, Lu Guang Zu di babak perempat final Indonesia Masters 2023 yang akan berlangsung Jumat (27/1) besok.

Source