Soal Dugaan Percobaan Penculikan Siswi, Akhirnya Berujung Jalan Damai

11

JawaPos.com- Kasus pelajar yang nekat melompat dari angkot lantara curiga jadi korban percobaan penculikan, berakhir damai. Keluarga pelajar dan sopir angkot berinisial MA yang sempat menjadi terduga sudah salin memaafkan. Jalan kekeluargaan itu dilakukan di Polres Gresik.

Sebelumnya, setelah mendapat informasi dugaan percobaan penculikan pada Rabu (18/1), Unit Tipidum Polres Gresik langsung bergerak menindaklanjuti. Sopir angkot MA diamankan. Kejadiaan tersebut kuat dugaan lantaran kesalahpahaman.

Karena itu, polisi mempertemukan kedua pihak sebagai tahapan mediasi. ’’Sudah selesai, antara pihak keluarga siswi dan sopir angkot itu sudah berdamai,’’ kata Kanit Tipidum Satreskrim Polres Gresik Ipda Komang Andhika Haditya Prabu kemarin.

Komang menjelaskan, selain mengamankan MA, pihaknya juga memeriksa rekaman CCTV dan meminta keterangan dari beberapa saksi. ’’Kami pun melakukan pemeriksaan, diketahui bahwa si sopir memiliki keterbatasan pendengaran, usianya sudah 70 tahun,’’ jelasnya.

Itulah yang membuat MD nekat melompat dari angkot lantaran takut menjadi korban penculikan. Sebab, saat siswi meminta turun di tempat tujuan, MA tidak merespons. Bahkan, terus memacu kendaraannya. ’’Dari rekaman CCTV, angkot sempat berhenti tak jauh dari tempat siswi itu melompat,’’ ucap perwira dengan satu balok di pundak tersebut.

Namun, karena melihat penumpang sudah kosong, bapak sopir asal Tuban itu kembali memacu kendaraannya. Soal permintaan menutup pintu, juga saat itu disebut karena hujan. Kini, kasus pun rampung. Pihaknya juga telah mempertemukan kedua pihak.

’’Semua karena salah paham saja, namun masing-masing pihak telah bertemu dan saling memaafkan. Bahkan, sang sopir memberikan tali asih untuk biaya pengobatan kepada keluarga siswi,’’ ucap Komang.

Belajar dari kejadian tersebut, tampaknya petugas baik dari kepolisian atau dinas perhubungan kembali mengatur dan melakukan pemeriksaan tentang sopir angkutan umum. Misalnya, kondisinya harus benar-benar sehat. Sebab, berpengaruh terhadap kenyaman dan keselamatan atau nyawa penumpang.

Source