Urus IKD di Gedung Siola dan Kecamatan, Ke Depan Cukup di Kelurahan

15

JawaPos.com- Pemkot Surabaya melalui kecamatan gencar menyosialisasikan identitas kependudukan digital (IKD). Bukan hanya itu, kecamatan dan kelurahan juga mengajak warga Surabaya, khususnya Kecamatan Rungkut, berpindah ke IKD.

Camat Rungkut M. Habib mengatakan, sosialisasi dilakukan secara masif. Termasuk saat pertemuan di layanan administrasi kependudukan setiap Selasa di RW masing-masing.

Menurut dia, IKD memiliki banyak keistimewaan. ”Yang utama ya nggak harus fotokopi lagi. IKD sama dengan KTP, itu disimpan dalam aplikasi,” katanya setelah memberikan pelayanan kepada salah seorang warga kemarin (19/1).

Mantan lurah Simomulyo Baru itu menambahkan, aplikasi tersebut dapat diunduh di PlayStore. Nama aplikasi itu adalah identitas kependudukan digital milik Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.

Dalam aplikasi tersebut, terdapat beberapa pelayanan, mulai pajak, BPJS Kesehatan, Ketenagakerjaan, PeduliLindungi, hingga Komisi Pemilihan Umum (KPU). ”Tautan dengan KPU itu disebutkan TPS mana nantinya, ada. Kalau ASN nyambung juga ke BKN,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji mengatakan, pengurusan IKD di Surabaya terus bertambah. Terakhir, jumlah warga yang melakukan aktivasi 21.156 orang. ”Iya, ini terus bertambah,” katanya kemarin.

Mantan kepala bappeko itu menyebutkan, proses aktivasi IKD dapat dilakukan di Gedung Siola atau yang lebih dekat, yakni di kantor kecamatan. Hal itu sesuai dengan pengadaan server. ”Ke depan dipersiapkan PC baru khusus untuk aktivasi IKD di kelurahan,” ujarnya.

Source