Wisatawan Asia pilih negara terdekat untuk rayakan Tahun Kelinci

10

Jakarta (ANTARA) – Banyak wisatawan Asia memilih untuk mengunjungi negara-negara tetangga untuk menyambut Tahun Baru Imlek dan merayakan Tahun Kelinci, demikian Data terbaru dari Agoda.

Baca juga: Ladang panel surya terapung di Thailand jadi wisata ramah lingkungan

Data yang diambil berdasarkan pencarian Agoda pada periode 8-15 Januari 2023 itu menunjukkan bahwa wisatawan Indonesia memilih negara-negara seperti Malaysia dan Singapura menjadi destinasi tujuan mereka.

Wisatawan dari negara-negara lain juga memilih destinasi terdekat seperti wisatawan Filipina memilih destinasi Singapura, wisatawan Korea Selatan memilih Jepang, hingga wisatawan Vietnam memilih Thailand.

Pengecualian terbesar untuk tren ini terjadi pada wisatawan China dan Jepang yang justru mencari matahari di musim dingin (winter sun), menjadikan Thailand sebagai tujuan nomor satu bagi negara-negara ini. Sementara wisatawan Thailand malah memilih Jepang yang beriklim lebih dingin.

“Kami memperkirakan akan ada lonjakan perjalanan dari China (mainland China), serta Thailand, Makau, Taiwan, Hong Kong, dan Jepang yang kembali berada di wish lists untuk Tahun Baru Imlek ini,” kata Chief Executive Officer (CEO) Agoda Omri Morgenshtern melalui keterangan pers, Jumat.

Baca juga: Ini bedanya madu, propolis, royal jelly, dan bee pollen

“Namun, mungkin terlalu cepat jika mengharapkan kondisinya untuk kembali persis seperti dulu, mengingat adanya masalah kapasitas dan harga penerbangan,” imbuh Omri.

Data pencarian Agoda juga mengungkapkan pilihan teratas dalam tiga pasar paling populer berdasarkan volume, yaitu Jepang, Malaysia, dan Thailand. Kota-kota kosmopolitan adalah daya tarik utama di Jepang, dengan Tokyo, Osaka, dan Fukuoka menjadi tiga tujuan yang paling banyak dicari.

Kuala Lumpur menempati posisi teratas untuk destinasi Malaysia, diikuti Malaka dan Penang yang memiliki warisan budaya yang menarik dan suasana kota yang ramai. Untuk Thailand, Bangkok menempati posisi pertama, diikuti kota pesta pesisir Pattaya dan Chiang Mai yang kaya akan budaya.

Baca juga: Menyusuri magisnya “Sanctuary of Truth”

Baca juga: Mengunjungi taman manis “Great & Grand Sweet Destination”

Baca juga: Mencicipi sate buaya hingga “fish therapy” di Pattaya Floating Market

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2023

antaranews