Berapa Poin yang Didapat Timnas Indonesia Jika Menang di Laga FIFA Matchday? Ini Analisisnya

15

“Kemungkinan Indonesia akan menghadapi Burundi dan Kenya.”

Libero.id – Poin yang cukup besar bakal didapatkan Timnas Indonesia jika berhasil mengalahkan Burundi dalam laga uji coba bertajuk FIFA Matchday periode Maret 2023.

Kabar mengenai lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday mendatang mencuat di media sosial setelah akun Twitter asal Burundi @257Foot memberikan bocoran.

Disebutkan bahwa Timnas Indonesia bakal bertanding melawan dua negara asal Afrika yaitu Kenya dan Burundi. Dua lawan ini di atas kertas ada di bawah Curacao sebagai lawan di FIFA Matchday sebelumnya.

“Burundi akan bermain melawan Kenya dan Indonesia di laga persahabatan. Dua pertandingan itu akan dimainkan di Indonesia pada akhir bulan ini,” cuit @257Foot, Rabu (8/3/2023).

Sebelumnya PSSI mengatakan bahwa timnas Indonesia akan menghadapi Bolivia dan Tajikistan di FIFA Matchday Maret 2023. Namun, rencana itu urung terjadi.

Pasalnya Bolivia dan Tajikistan sudah memiliki lawan sendiri. Mereka tampaknya menolak tawaran timnas Indonesia untuk melakukan laga uji coba.

Meski secara level ada di bawah Bolivia atau Tajikistan, Kenya dan Burundi punya peringkat FIFA lebih tinggi daripada Timnas Indonesia.

Secara ranking FIFA per 22 Desember 2022, Kenya berada di posisi ke-101 dengan 1202,26 poin. Sementara Burundi menduduki peringkat ke-141 lewat 1075,27 angka.

Adapun, peringkat Timnas Indonesia masih di bawah Burundi dan Kenya. Skuad Garuda bercokol di tangga ke-151 dengan 1033,9 poin.

Jarak yang terpaut 10 peringkat dari Burundi membuat Timnas Indonesia berpeluang meraih poin cukup besar jika mampu meraih kemenangan.

Secara hitungan,  Skuad Garuda akan mendapat poin tambahan sebesar +5,39 apabila berhasil meraih kemenangan.

Sementara itu, jika menelan kekalahan poinnya akan berkurang dengan jumlah yang sama, yakni -5,39. Sedangkan hasil imbang akan membuat Indonesia mendapat poin tambahan sebesar 0,39.

Pertandingan melawan Burundi dan Kenya sendiri belum dikonfirmasi oleh PSSI. 

(muflih miftahul kamal/muf)

libero