Kolaborasi Shin Tae-yong dan Indra Sjafri, Pemain Timnas U-22 Ikut FIFA Matchday

23

“Nah, begini dong. Sesama pelatih harus kerjasama..”

Libero.idFIFA Matchday yang bertepatan dengan pemusatan latihan timnas U-22 bakal dimanfaatkan Indra Sjafri untuk menyisipkan beberapa pemain SEA Games 2023 ke timnas Indonesiaasuhan Shin Tae-yong. Rencananya, 5-6 pemain timnas U-22 akan ikut timnas senior selama sepekan.

PSSI memastikan timnas Indonesia akan beruji coba dengan timnas Burundi pada Sabtu (25/3/2023) dan Selasa (28/3/2023).

Skuad Garuda untuk pertandingan melawan tim Afrika memang belum diumumkan Shin Tae-yong. Tapi, Indra Sjafri yang menjabat pelatih timnas U-22 sekaligus Direktur Teknik PSSI memastikan akan ada kolaborasi. Maksudnya, beberapa pemain timnas U-22 akan disisipkan ke timnas senior.

“Pasti ada pemain dari timnas U-22 yang ke timnas Indonesia. Beberapa pemain timnas senior akan ada yang bermain buat timnas U-22,” ujar Indra Sjafri kepada awak media di Jakarta.

Saat ini, 34 nama pemain timnas U-22 sedang ikut TC di Jakarta. Tapi, mayoritas bukan pemain utama dari Liga 1 2022/2023. Mereka pemain-pemain cadangan di klub Liga 1 serta sejumlah anggota Liga 2.

Contohnya, Seiya Da Costa Lay, Patrick Alfredo Womsiwor, Taufany Muslihuddin, Irfan, Muhammad Salman Farid – Persebaya Surabaya, Andre Octaviansyah, Brylian Aldama, Arsan Makarim, Salmani Bolang, Ahmad Misbah Jan Anwar, Jimmy Julius Aronggear, dan Wolf Horota

Ada lagi Muhammad Darmawan, Yofandani Damai Prananta, Fathul Ihsan, Muhammad Bahril Fahreza, Muhammad Hanif Mahdi, Komang Tri Arta Wiguna, Muhammad Andy Harjito, Komang Teguh Trisnanda, Jean Kelly Sroyer, Braif Fatari, atau Rangga Widiansyah.

Kemudian, Muhamad Fadilla Akbar, Titan Agung, David Maulana, Satrio Azhar, Husna Al Malik, Fadilah Nur Rahman, Airlangga Mutamasiqdina, Malik Prayitno, Mohammad Haykal Alhafiz, Tri Setiawan, serta Muhammad Akbar Arjunsyah.

Indra Sjafri baru akan menyertakan para pemain reguler Liga 1 ke timnas U-22 pada April 2023 untuk persiapan akhir menuju SEA Games 2023.

Namun, Indra Sjafri juga mengungkapkan pemain-pemain utama timnas U-22 yang masih berkompetisi di Liga 1 bakal dipanggil ke timnas Indonesia versus Burundi. Bagi dia, pemanggilan itu bagus karena akan memberi mereka jam terbang laga senior sebelum gabung timnas U-22.

“Minimal lima sampai enam pemain timnas U-22 yang ke timnas Indonesia. Tapi, bukan yang ada dalam pemusatan latihan sekarang ini. Mereka pemain-pemain yang bermain reguler di Liga 1 seperti Witan (Sulaeman) dan (Rizky) Ridho yang ke Timnas Indonesia,” ungkap Indra Sjafri.

(andri ananto/anda)

libero