Momen Gol Ananda Raehan, Wonderkid PSM yang Belum Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas U-20

15

“Statistiknya lebih oke dari Dzaky Asraf dan Victor Dethan.”

Libero.id – Banyak pemain PSM Makassar yang dipanggil oleh Shin Tae-yong. Baik untuk agenda FIFA Matchday ataupun pemusatan latihan (TC) Timnas U-20 persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Di Timnas senior ada nama dua saudara kembar, Yance Sayuri dan Yakob Sayuri, lalu Ramadhan Sananta dan Dzaky Asraf. Nama terakhir juga ada dalam daftar Skuad Garuda Muda, selain itu ada tambahan Victor Dethan. Juga ada Sulthan Zaky, pemain berusia 16 tahun yang dibawa ke Uzbekistan untuk Piala AFC U-20 2023.

Namun tampaknya Shin Tae-yong luput memanggil seorang Ananda Raehan, wonderkid PSM Makassar lainnya yang bahkan secara statistik mengungguli rekan-rekannya di atas.

Sebagai pembanding, Sulthan Zakky sama sekali belum memainkan laga untuk tim senior Pasukan Ramang. Terbilang wajar. Dzaky Asraf memainkan 18 laga. Victor Dethan 15 laga. Ramadhan Sananta 20 laga.

Sementara itu Ananda Raehan hampir selalu dimainkan oleh Bernando Tavares, sejauh ini 29 laga di BRI Liga 1 2022/23, yang mana berarti Ananda Raehan merupakan pemain muda yang paling sering dimainkan oleh Bernando Tavares.

Dan Ananda Raehan membayar tuntas kepercayaan itu dengan penampilan gemilangnya di setiap laga, sejauh ini dengan catatan 3 gol.

Terbaru, Jum’at, (17/3) Ananda Raehan mencetak satu gol saat melawan Bhayangkara FC. Golnya itu membantu PSM Makassar meraih kemenangan dengan skor 3-1.

Ananda Raehan dan rekan-rekan semakin dekat dengan gelar juara.

Disamping itu pemain berposisi gelandang bertahan itu juga bermain di tiga laga PSM Makassar di  AFC Cup 2022.

Ananda Raehan merupakan tipikal gelandang petarung, tak kenal lelah, dirinya disebut-sebut sebagai sosok pengganti Samsul Bachri Chaeruddin. Jika terus tampil konsisten, agak aneh rasanya kalau Shin Tae-yong atau siapapun pelatih Timnas Indonesia baik di level kelompok umur ataupun senior mengabaikan kemampuan Ananda Raehan.

Cepat atau lambat Ananda Raehan akan berseragam Merah Putih dengan lambang Garuda di dada.

(gigih imanadi darma/gie)

libero