Usai Kalahkan Timnas Burundi, Shin Tae-yong Beri Pujian untuk Pertahanan Indonesia

37

“STY: “Pertahanan kita membaik”, begitulah katanya…”

Libero.id – Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menilai pertahanan tim asuhannya saat ini sudah cukup baik, dan memperlihatkan kemajuan dengan kehadiran dua pemain keturunan yakni Jordi Amat dan Elkan Baggott.

Indonesia memenangi pertandingan pertama FIFA match day dengan skor 3-1 atas tamunya Burundi, pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/3). Pada laga tersebut, tim Garuda sempat memimpin 3-0 pada babak pertama melalui gol-gol Yakub Sayuri, Dendy Sulistyawan, dan Rizky Ridho, sebelum Burundi mampu memperkecil ketertinggalan setelah turun minum.

 
“Tapi saya melihat kondisi Elkan tidak 100 persen. Jadi ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh Elkan di babak kedua. Tetapi kalau melihat pertandingan pertama ya oke. Tidak ada masalah. Untuk ke depannya kita akan mencoba mempersiapkan lebih baik lagi dari sekarang, dan kita bisa melihat dan menilai bahwa pertahanan timnas sekarang tidak seperti dulu,” kata pelatih Shin pada konferensi pers setelah pertandingan.
 
Kehadiran dua pemain keturunan, yakni Jordi dan Elkan, dilengkapi dengan penampilan Rizky Ridho sebagai trio bek selama 90 menit. Meski menilai ketiga pemain tersebut tampil cukup baik, pelatih Shin tidak mau menjamin ketiganya akan selalu mendapat tempat di tim asuhannya.

“Untuk pertandingan hari ini memang dicoba ya untuk trio Ridho-Elkan-Jordi. Memang setiap pertandingan bisa beda-beda ya karena tergantung kondisi pemain seperti apa, dan di timnya bermain atau tidak. Dilihat juga kondisi pemain seperti apa. Jadi pastinya trio ini akan berubah-ubah, tidak akan ditetapkan seperti sekarang. Apalagi formasi pun bisa saja berubah, mungkin untuk hari ini kan tiga bek, bisa saja besok empat bek,” papar pelatih asal Korea Selatan itu.
 
Pelatih Shin hanya memiliki waktu persiapan selama tiga hari sebelum pertandingan melawan Burundi. Persiapan dalam waktu singkat tersebut diakui olehnya belum maksimal, namun ia cukup puas karena para pemain mampu menerapkan taktik dan strategi yang dimatangkan selama pemusatan latihan.
 
Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Burundi pada FIFA match day berikutnya yang berlangsung pada Selasa (28/3) mendatang. Untuk itu, pelatih Shin meminta untuk tidak menyia-nyiakan keunggulan pada pertandingan berikutnya.
 
“Memang pada babak pertama kita cetak gol, cetak tiga gol. Dan setelah babak pertama selesai, memang persiapan dan antisipasi dari lawan sudah baik. Jadi persiapan lawan bisa dinilai telah baik. Jadi kita sendiri tidak boleh lengah untuk persiapan pertandingan berikutnya,” tukas pelatih Shin.

(muflih miftahul kamal/muf)

libero