Fotografer perjalanan bagikan tips pembuatan video untuk tarik viewers

32

Jakarta (ANTARA) – Kreator konten dan fotografer perjalanan Barry Kusuma membagikan sejumlah tips maupun teknik pembuatan video perjalanan yang dapat menarik banyak viewers hingga viral di media sosial.

Menurut Barry dalam pernyataan pers airasia Super App Indonesia di Jakarta, Senin, pembuatan video perjalanan tersebut bisa dilakukan tanpa modal besar karena hanya memanfaatkan kamera smartphone.

Sejumlah tips pembuatan video yang bisa dilakukan selama berlibur di kawasan wisata, antara lain

1. Siapkan perlengkapan penunjang sederhana

Umumnya, para kreator konten akan menggunakan sejumlah perlengkapan profesional untuk proses pengambilan footage video. Bagi Anda para pemula, tak perlu merasa berkecil hati.

Baca juga: Meta hadirkan kreator dari 13 negara dalam Creator Week 2022 di Bali

Nyatanya, Barry hanya menyarankan sejumlah peralatan sederhana, seperti tripod mini ataupun stabilizer untuk mendapatkan gerakan video yang lebih stabil. Sebab, memperbesar sorotan objek dengan fitur zooming akan menurunkan kualitas video.

Selain itu, anda juga bisa mempersiapkan lampu portabel LED yang dapat disisipkan pada sisi smartphone untuk mengurangi bintik noise dari video yang diambil.

2. Riset tren dan destinasi yang dituju untuk menentukan angle konten

Jika Anda menginginkan kualitas video yang dapat menarik perhatian warganet, maka perlu mempertimbangkan isi dari konten yang ditampilkan.

Untuk itu, Barry sangat menganjurkan bagi para kreator konten pemula untuk memperbanyak riset tentang tren wisata, terutama yang berkaitan dengan destinasi yang akan dituju.

“Konten hidden gems yang belum banyak diketahui orang sangat laku dicari oleh warganet. Contoh tipe konten lain yang memiliki nilai jual tinggi adalah kuliner lokal autentik dan ramah kantong,” katanya.

Barry pun memastikan eksplorasi sudut-sudut yang belum banyak terjamah wisatawan bisa memperkaya angle konten, serta secara tidak langsung berkontribusi dalam mendukung kunjungan pariwisata dan ekonomi lokal setempat.

3. Perhatikan mode pengaturan kamera

Sudah siap untuk mengumpulkan koleksi footage? Sebelumnya, anda harus mengetahui rahasia pamungkas yang satu ini. Barry membeberkan kunci dari sebuah video agar terlihat cinematic adalah menggunakan mode pengaturan resolusi 4K, dengan laju kecepatan bingkai 60 fps (frame per second).

Sebaiknya, pengambilan video pada setiap objek atau frame berdurasi minimal 8-10 detik untuk mempermudah proses menyunting. Anda juga dapat mengombinasikan variasi sudut pengambilan video, seperti widelens, medium shoot, hingga close up.

Jangan lupa, perhatikan posisi pengambilan footage, baik secara vertikal ataupun horizontal sesuai dengan jenis konten yang hendak diunggah.

4. Sentuhan terakhir dengan proses editing video

Proses menyunting atau editing video ternyata juga butuh ketelatenan agar tampak mengalir. Menurut Barry, editing dengan backsound lagu yang sedang populer di media sosial sangat berpengaruh besar dalam menambah angka viewers dan kemungkinannya untuk viral.

Tips lainnya, pria yang mengawali karir sebagai kontributor foto majalah pariwisata ini juga menyarankan maksimal durasi setiap frame yang ditampilkan tidak lebih dari tiga detik, serta menggunakan transisi untuk memastikan perpindahan frame yang lebih ciamik.

Berbicara soal proses editing video, Barry sendiri menggunakan sejumlah aplikasi yang dapat diunduh melalui smartphone. Jika Anda telah merampungkan proses editing, simpan hasil video dalam format resolusi 1080 Full HD.

Barry memastikan kampanye airasia Super App Super Sale yang berlangsung hingga 26 Februari 2023 dapat menjadi momentum untuk berlibur sambil mencoba tips pembuatan video atau bahkan mencari cuan tambahan melalui penggarapan konten kreatif di media sosial.

“Promo yang dihadirkan begitu beragam, mulai dari pemesanan tiket pesawat, reservasi hotel, airasia ride di Bali, dan lainnya. Adanya promo-promo tersebut pastinya bikin liburan makin hemat. Terutama untuk saya pecinta travelling dan menjadikan aktivitas wisata sebagai sumber produktivitas utama,” katanya.

Promo airasia Super App Super Sale mencakup diskon layanan hingga 50 persen, kesempatan wisata gratis ke Busan, Korea Selatan untuk dua orang dan mendapatkan bonus 8X airasia points dalam setiap transaksi.

airasia points yang terkumpul dapat ditukarkan untuk bertransaksi pada seluruh layanan dan produk yang terdapat di dalam aplikasi, termasuk pemesanan tiket penerbangan (airasia flights), reservasi hotel (airasia hotels), paket bundling tiket pesawat dan hotel (airasia SNAP), pesan-antar makanan online (airasia food), hingga pembelian produk duty-free dan gaya hidup (airasia shop).

Pemberian promo ini juga merupakan bentuk apresiasi kepada para pengguna airasia Super App Indonesia yang berkontribusi terhadap pertumbuhan transaksi hingga 150 persen pada 2022 serta untuk memberikan pengalaman liburan yang menguntungkan.

Baca juga: Konten kreator perlu sajikan konten berkualitas dan bernilai

Baca juga: Helo gelar Helophoria, ajang temu dan kolaborasi para kreator konten

Baca juga: Kiat agar UMKM mampu gaet pembeli lewat “live streaming”

Pewarta: Satyagraha
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2023

antaranews