5 Cara Agar Rumah Bebas Polusi – Iklim di Indonesia tidak cocok. Seperti dilansir liputan6.com, iklim di Jakarta mengalami apa yang disebut polusi udara pada tingkat yang sangat memprihatinkan.

Padahal, menurut data situs Air Visual per 1 Agustus 2019, kualitas udara Indonesia paling buruk. Ini menandakan udara yang dihirup warga Jakarta sudah tidak sehat lagi.

5 Cara Agar Rumah Bebas Polusi

5 Cara Agar Rumah Bebas Polusi

“Dampak polusi udara sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru. Sebagai organ terakhir untuk bernafas, paru-paru merupakan tempat berkembang biaknya partikel-partikel yang sangat kecil dan berbahaya yang terkandung dalam polusi udara,” ujar dr. Feni Fitriani Taufik, Spesialis Paru dan Pernapasan, Konsultan Pekerjaan dan Lingkungan RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Apa Beda Air Purifier, Humidifier, Dan Dehumidifier?

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan organ paru-paru, agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan yang serius.

Moms juga perlu menjaga kesehatan paru-paru keluarga. Apa yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda? Simak ulasannya di bawah ini.

Selain udara, makanan juga mempengaruhi kesehatan paru-paru kita. Jadi sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, mulailah menjalani gaya hidup sehat. Caranya tentu saja dengan mengonsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga untuk menjaga stamina.

“Kualitas udara yang kita hirup sangat buruk, jangan diperparah dengan merokok,” kata dr. Feni Fitriani Taufik.

Greenpeace: Kualitas Udara Bersih Jakarta Bukan Jaminan Bebas Polusi

Asap yang dihasilkan rokok pun tidak hanya berbahaya bagi si perokok, tetapi juga bagi orang-orang di sekitarnya, meskipun ia adalah perokok pasif yang hanya menghirupnya.

Masker yang ideal adalah jenis N95 yang efektif menghalau partikel PM2.5 hingga 95 persen karena dilengkapi dengan lapisan filter khusus, harus digunakan dengan benar, tidak ada kebocoran, sehingga fungsi perlindungannya optimal.

Untuk menjaga kesehatan paru-paru, sebaiknya Anda dan keluarga menghindari menghabiskan terlalu banyak waktu di luar ruangan, terutama di daerah yang sangat tercemar atau saat kadar polutan tinggi.

5 Cara Agar Rumah Bebas Polusi

Menurut dr. Feni Fitriani Taufik, kami menyarankan untuk mengunduh aplikasi Air Visual atau aplikasi sejenis sebelum bepergian ke suatu daerah untuk mengecek kualitas udara di daerah tersebut. Dingin!

Kembalikan Rambut Rusak Dengan Perawatan Praktis Di Rumah

Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dari para ahli, sebaiknya ibu dan keluarga rutin memeriksakan kesehatan paru-parunya. Padahal jika kita mengikuti tips di atas, bisa saja paru-paru kita terbebas dari masalah kesehatan.

Oleh karena itu, memeriksa kesehatan paru-paru sangatlah penting. Jika memungkinkan, jangan hanya bekerja pada kesehatan paru-paru. Anda dapat memeriksa seluruh tubuh.

Ini adalah beberapa cara terbaik untuk menjaga kesehatan paru-paru dan keluarga Anda. Usahakan untuk sering-sering memakai masker ya moms jika banyak beraktivitas di luar ruangan. Semoga beruntung! Akibat tingginya polusi udara di Jakarta, kualitas udara mengalami penurunan. Lindungi paru-paru anak yang masih rentan dengan melakukan hal berikut.

Per 29 Juli 2019 pukul 06:10 WIB, kualitas udara Jakarta menjadi yang terburuk di dunia, menempati peringkat ke-188. Angka 188 di atas menunjukkan bahwa udara yang dihirup penduduk Jakarta tidak sehat.

Pandemi Covid 19 Membuat Masyarakat Sadar Pentingnya Miliki Hunian Di Lingkungan Asri & Bebas Polusi

Kualitas udara ini tentunya membahayakan kesehatan setiap orang, termasuk anak-anak. Oleh karena itu, kesehatan paru-paru terancam, terutama pada anak-anak, karena daya tahan organ pernapasannya lebih rendah dibandingkan orang dewasa, sehingga membutuhkan perlindungan tambahan.

Masker cukup efektif menghalau polusi karena dapat menyaring bakteri dan virus yang ada di udara sehingga tidak langsung masuk ke mulut dan hidung. Jenis masker yang paling banyak digunakan adalah masker kain sekali pakai atau dapat digunakan kembali.

Mengingat tingkat polusi Jakarta terparah di dunia, pertimbangkan untuk menggunakan masker N95 yang lebih efektif menyaring zat beracun di udara. Perangkat jenis ini dirancang agar pas dengan separuh wajah dan dilengkapi dengan alat yang efektif untuk menyaring partikel berbahaya di udara.

5 Cara Agar Rumah Bebas Polusi

Meski kondisi udara di Jakarta masih sangat memprihatinkan, sebisa mungkin hindari aktivitas di luar ruangan terlalu lama. Terutama di tempat-tempat dekat jalan raya yang penuh dengan kendaraan bermotor atau area pabrik.

Tips Agar Rumah Tampak Baru Di Tahun Baru!

“Puncak pencemaran udara biasanya terjadi pada pagi menjelang siang dan siang hari. Itulah mengapa yang terbaik adalah tinggal di rumah pada saat-saat itu. Kalau tidak mendesak sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari, karena tingkat polusinya tidak terlalu tinggi”, jelas dr. Sepriani.

Padahal, lingkungan dalam ruangan tidak menjamin keamanan udara. Pasalnya, dr. Sepriani mengatakan, kuman pada air conditioner (AC) yang sudah lama tidak dibersihkan justru lebih berbahaya dibandingkan polutan di luar ruangan.

“Kalau di luar ruangan atau panas, kumannya bisa cepat mati. Berbeda jika kuman berasal dari AC yang sudah tua atau kotor. Karena AC lembap, maka kuman berpeluang lebih lama berkembang menjadi kuman yang lebih berbahaya,” imbuhnya.

Udara di dalam rumah juga harus dibersihkan dan dibiarkan bersirkulasi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan exhaust fan.

Bahaya Polusi Udara Bagi Kesehatan Kulit

“Kalau jendela di rumah tidak besar atau jarang dibuka sehingga sirkulasi udara di dalam rumah tidak lancar, minimal pakailah exhaust fan. Alat ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara, sehingga penghuni rumah dapat bernafas dengan lebih leluasa,” jelas dr. Sepriani.

Optimalkan keempat cara di atas dengan melindungi tubuh dari dalam, yakni dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Contohnya adalah buah-buahan dan sayur-sayuran.

Buah dan sayuran yang mengandung vitamin C, A, E efektif melawan radikal bebas. Sumber vitamin A adalah brokoli, wortel, bayam, bit, sawi, paprika dan lain-lain. Vitamin C bisa didapatkan dari buah apel, pepaya, strawberry, markisa, kembang kol dan lain-lain. Sedangkan vitamin E dapat ditemukan pada alpukat, brokoli, lobak hijau, minyak biji gandum,

5 Cara Agar Rumah Bebas Polusi

Mengingat tingginya tingkat polusi udara di Jakarta, lindungi anak-anak dari udara beracun Jakarta dengan cara-cara di atas. Jangan lupa untuk melindungi diri sendiri juga. Minimalkan aktivitas di luar ruangan terutama saat jam sibuk, selalu pakai masker kemanapun, dan pastikan kondisi dalam ruangan di rumah memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika Anda atau anak Anda mengalami sesak napas setelah melakukan aktivitas atau batuk yang tidak kunjung reda sebaiknya konsultasikan ke dokter Ibu yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Semarang dan sekitarnya harus mulai aktif melakukan langkah-langkah untuk melindungi anaknya dari polusi udara.

Tips Aman Olahraga Saat Polusi Udara Di Jakarta

Seperti dilansir dalam sebuah artikel oleh Lowy Institute, sebuah studi yang dilakukan oleh University of Chicago menemukan bahwa tingkat polusi udara di Jakarta sangat buruk sehingga memperpendek usia harapan hidup warganya hingga 2,3 tahun.

Dampak negatif polusi udara terhadap kesehatan dan perkembangan anak tidak boleh dianggap remeh. Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia, paparan udara yang tercemar dapat menyebabkan hal-hal berikut pada anak-anak:

Meski ingin melindungi si kecil dari polusi udara, tentu tidak mungkin melarangnya keluar rumah untuk pergi ke sekolah, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atau bermain ya moms.

Sebagai cara melindungi anak dari polusi udara, batasi aktivitas si kecil di luar ruangan pada jam-jam sibuk saat polusi udara kota sedang memuncak ya, Moms.

Laut Menghadapi Polusi Yang Meningkat, Lakukan 5 Cara Mudah Ini Untuk Selamatkan Laut, Termasuk Pakai Masker Kain

Dari penelitian Komite Penghapusan Bensin Bertimbal dan Badan Perlindungan Lingkungan AS, diketahui bahwa udara di Jakarta paling bersih antara pukul 13.00 hingga 15.00.

Makanya sebaiknya habiskan aktivitas anak di luar ruangan saat itu ya, Moms. Dalam kasus lain, anak Anda akan lebih aman beraktivitas di rumah atau di dalam ruangan.

Tahukah Moms, bahwa langit di kota-kota besar yang sering diselimuti kabut asap sebenarnya disebabkan oleh partikel-partikel kecil yang dikenal dengan partikel 2,5 PM?

5 Cara Agar Rumah Bebas Polusi

Kabar buruknya, partikel yang sangat kecil berukuran 2,5 PM atau sekitar 3 persen dari diameter sehelai rambut manusia dapat menembus lapisan masker hijau yang sering kita gunakan.

Asap Rokok Ikut Sumbang Polusi Udara

Cara terbaik untuk melindungi anak-anak dari polusi udara adalah dengan menggunakan masker N95 atau N99 dengan benar saat beraktivitas di luar ruangan. Psst, kamu bisa membelinya secara online ya Moms.

Selanjutnya, minimalkan polusi udara dalam ruangan agar si kecil bisa beraktivitas di sekitar rumah dengan aman dan nyaman.

Agar polutan tidak masuk dan menumpuk di dalam rumah, Anda tidak perlu terlalu lama membuka pintu atau jendela untuk sirkulasi udara. Sebaiknya lakukan ini hanya antara pukul 13:00-15:00 saat udara paling jernih.

Untuk menjaga kebersihan udara di rumah Anda, bersihkan rumah Anda secara rutin, gunakan air purifier, dan pastikan rumah Anda selalu bebas dari asap atau asap kimia dari pembersih rumah tangga.

Waspada, Polutan Pm2.5 Masih Bergerak Bebas Di Jabodetabek Termasuk Area Pepohonan

Dari studi yang dilakukan oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA), diketahui ada sekitar 50 tanaman yang dapat mengusir polutan udara dalam ruangan seperti formaldehida, benzena, karbon monoksida, dan nitrogen oksida.

Nah, beberapa tanaman yang bisa kamu pelihara di rumah untuk menghilangkan polusi udara sekaligus mempercantik ruangan adalah Areca Palm, Bamboo Palm, Rubber Plant (karet hias), Philodendron, Boston Fern dan Peacy Lily.

Tak lupa, ajari si kecil pola makan dan pola hidup sehat agar tubuhnya tidak mudah sakit akibat polusi udara, debu yang terperangkap di karpet, dinding lembab akibat kebocoran air yang belum diperbaiki dan tumpukan barang usang. dapat menyebabkan polusi udara dalam ruangan.

5 Cara Agar Rumah Bebas Polusi

Oleh karena itu, agar rumah, ruangan, atau kantor Anda bebas dari polutan berbahaya, Anda perlu mengetahui cara mencegah polusi masuk ke dalam ruangan.

Udara Segar Dengan Vertical Garden

Penelitian mengungkapkan bahwa kualitas udara yang buruk dapat mengurangi kemampuan berkonsentrasi dan menyebabkan kinerja yang buruk, baik di sekolah maupun di tempat kerja.

Polusi udara dalam ruangan bukan disebabkan oleh kualitas udara yang buruk, tetapi juga oleh furnitur lama yang mulai mengeluarkan zat berbahaya, atau aerosol yang terperangkap di karpet.

Belum lagi tentunya polusi udara yang terus menerus menerpa kita akan menimbulkan gangguan kesehatan terutama yang berkaitan dengan pernafasan.

Bayangkan saja menghabiskan 8 jam di kantor dan 14 jam di rumah, kedua tempat tersebut diam-diam memiliki polusi udara dalam ruangan. Anda tanpa sadar menghirup debu dan polutan sepanjang hari.

Kualitas Udara Jakarta Terburuk, Ini Cara Melindungi Diri

Belum lagi waktu yang Anda habiskan di luar ruangan juga membuat Anda terpapar lebih banyak polusi udara.

Saat merokok di dalam ruangan, partikel rokok yang tersisa menempel di furnitur

Cara agar rumah bebas tikus, agar rumah bebas kecoa, cara agar rumah bebas dari cicak, cara agar rumah bebas nyamuk, cara agar rumah bebas serangga, cara agar bebas finansial, kota bebas polusi, agar rumah bebas nyamuk, agar rumah bebas semut, agar rumah bebas cicak, cara agar rumah bebas dari tikus, cara agar rumah bebas lalat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here