Pengaruh Diabetes Terhadap Kesehatan Reproduksi – Halo sobat sehat! Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan penyakit diabetes. Pada penyakit ini terjadi peningkatan jumlah gula dalam darah, karena fungsi pankreas untuk memproduksi insulin tidak bekerja dengan baik atau sensitivitas insulin yang dihasilkan menurun.

Data WHO menunjukkan jumlah penderita diabetes meningkat dari 108 juta pada tahun 1980 menjadi 422 juta pada tahun 2014. Di Indonesia, Kementerian Kesehatan memprediksi pada tahun 2030 akan ada 21,3 juta penderita diabetes.

Pengaruh Diabetes Terhadap Kesehatan Reproduksi

Pengaruh Diabetes Terhadap Kesehatan Reproduksi

Libido rendah adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kurangnya minat dalam aktivitas seksual. Faktanya, diabetes dapat menyebabkan kadar testosteron rendah pada pria, sehingga menyebabkan libido rendah. Efek ini akan menyebabkan penurunan minat dalam aktivitas seksual. Namun, pada wanita, gula darah yang tinggi dapat merusak saraf dan menimbulkan rasa sakit saat melakukan aktivitas seksual.

Vol. 14 No. 1 (2019): Jurnal Kesehatan Kartika

Disfungsi ereksi adalah suatu kondisi dimana seorang pria tidak bisa mendapatkan ereksi selama aktivitas seksual. Cukup mengganggu proses reproduksi pada pria! Kondisi ini dapat mengurangi aliran darah ke otot, merusak saraf di sekitar otot, dan menurunkan kadar testosteron.

Ini adalah kondisi di mana air mani mengalir kembali ke kandung kemih sehingga mengganggu proses reproduksi. Ini bukan satu-satunya efek, pasien juga akan mengalami kerusakan saraf pada otot

Androgen utama pada pria adalah testosteron. Telah terbukti bahwa pria dengan diabetes memiliki kadar serum testosteron yang rendah yang mengakibatkan defisiensi androgen, sehingga mengganggu proses reproduksi!

Sobat sehat mungkin masih asing dengan istilah ini. Balanitis adalah peradangan umum pada kepala otot yang ditandai dengan rasa gatal, terbakar, kemerahan, bengkak, atau keluarnya cairan dari otot. Pada pria penderita diabetes, glukosa dalam urine yang menempel di kulit penis setelah buang air kecil menciptakan kelembapan dan bakteri penyebab infeksi. Menakutkan bukan?

Hubungan Diet Dan Aktivitas Fisik Dengan Kejadian Hospital Readmission Pada Pasien Diabetes Melitus

Bagi Anda para wanita, Anda harus berhati-hati! Infeksi jamur pada vagina dapat muncul akibat gula yang masuk ke dalam urine dan menempel di sekitar vagina. Keadaan ini dapat menyebabkan lembab dan kemudian infeksi akibat tumbuhnya jamur. Gejala yang mudah dikenali antara lain kemerahan, bengkak, gatal, dan keputihan.

Gangguan hormonal merupakan masalah yang dapat memicu munculnya kista pada ovarium. Buat kamu para wanita, kamu harus lebih berhati-hati! PCOS sering dikaitkan dengan kadar insulin dalam tubuh penderita diabetes dan dapat mengganggu fungsi reproduksi pada wanita.

Lulusan ilmu gizi yang percaya bahwa “hidup adalah tentang belajar tanpa batas”. Contact me: line (rahmiramoi), twitter (@RahmiRamoi), Instagram (@rahmiiramoi), email (rahmialduaira@gmail.com) Diabetes Mellitus saat ini merupakan penyakit penyebab kematian nomor tiga di Indonesia setelah penyakit stroke dan jantung koroner. Pasalnya, diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan berbagai komplikasi pada berbagai organ tubuh seperti ginjal, otak, jantung, mata, dan saraf. Nah, salah satu dampak diabetes yang tidak ditangani dengan baik ternyata bisa memengaruhi kesehatan reproduksi, baik pada pria maupun wanita.

Pengaruh Diabetes Terhadap Kesehatan Reproduksi

Diabetes memang menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti. Dampak negatif terhadap kesehatan sangat besar. Bahkan kesehatan reproduksi – pria dan wanita – juga terpengaruh.

Pdf) Perbedaan Pengaruh Pemberian Insulin Dan Ekstrak Zingiber Officinale Terhadap Berat Badan Lahir Anak Rattus Norvegicus Model Diabetes Melitus Pragestasional

Dalam jangka panjang, kadar gula darah yang tinggi pada diabetes melitus tipe 2 memicu timbulnya PCOS. Pada PCOS, beberapa kista muncul di ovarium dan kadar testosteron meningkat. Hal ini akan menyebabkan berkurangnya menstruasi, bahkan amenorea (tidak menstruasi) selama minimal tiga bulan. Tidak ada masa subur. Oleh karena itu, banyak penderita PCOS yang mengalami kemandulan.

Umumnya, menstruasi dimulai saat wanita berusia 50 tahun ke atas. Namun, berbagai penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 memiliki risiko lebih tinggi mengalami menopause dini, atau menopause dini, yang terjadi sebelum usia 40 tahun.

Penderita diabetes melitus tipe 2 lebih rentan terkena kanker rahim, atau secara medis dikenal dengan kanker endometrium. Adanya kanker pada lapisan rahim menyebabkan kemandulan. Salah satunya karena hasil pembuahan antara sel telur dan sperma tidak dapat menempel di dinding rahim. Selain itu, salah satu pengobatan umum untuk kanker rahim adalah dengan mengangkat rahim. Jika rahim diangkat, tentu saja kehamilan tidak dapat terjadi.

Tak hanya mengganggu kesuburan, diabetes juga bisa mengganggu kehamilan. Salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi pada pasien diabetes adalah keguguran. Ini terutama terjadi pada penderita diabetes yang kadar gula darahnya tidak terkontrol dengan baik sebelum kehamilan dan pada bulan-bulan awal kehamilan.

Adakah Pengaruh Diabetes Terhadap Kualitas Sperma?

Secara kimiawi, terlalu banyak gula darah pada diabetes dapat menurunkan kadar testosteron. Salah satu peran hormon testosteron adalah mengatur libido. Dengan mengurangi jumlah testosteron, libido juga menurun.

Selain itu, diabetes yang tidak terkontrol menyebabkan komplikasi jangka panjang berupa gangguan pembuluh darah, dimana aliran darah tidak lancar. Jika pembuluh darah otot rusak, otot bisa menjadi tidak berfungsi, karena darah yang mengisi pembuluh darah otot tidak mengalir dengan baik.

Selain menyebabkan testosteron rendah, gula darah tinggi pada penderita diabetes juga merusak DNA sperma. Akibatnya, jumlah sperma berkurang sehingga oligozoospermia (jumlah sperma kurang dari normal) dan azoospermia (tidak ditemukan sperma dalam air mani) dapat terjadi.

Pengaruh Diabetes Terhadap Kesehatan Reproduksi

Meski diabetes pada awalnya seringkali tidak menunjukkan gejala apapun, penyakit ini harus ditangani dengan tepat dan cepat untuk mencegah berbagai komplikasi, termasuk pengaruhnya terhadap kesehatan reproduksi. Selain itu, diagnosis dini diabetes pada orang sehat juga tidak kalah pentingnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa diabetes biasanya terlambat diketahui, ketika pasien sudah mengalami berbagai komplikasi. Oleh karena itu, bagi Anda yang berusia di atas 40 tahun disarankan untuk memeriksakan gula darah secara rutin setiap 1-3 tahun, atau lebih sering jika Anda berisiko terkena diabetes.

Pdf) Pengaruh Konsumsi Tempe Terhadap Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Melitus Di Kelompok Senam Ibu Ibu Di Kelurahan Talang Banjar Jambi

Pengaruh air terhadap kesehatan, pengaruh diabetes terhadap mata, pengaruh agama terhadap kesehatan mental, pengaruh gula merah terhadap diabetes, pengaruh stres terhadap kesehatan, pengaruh bulu kucing terhadap kesehatan, pengaruh ac terhadap kesehatan, pengaruh gula aren terhadap diabetes, pengaruh madu terhadap diabetes, pengaruh polusi udara terhadap kesehatan, pengaruh kopi terhadap diabetes, pengaruh pikiran terhadap kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here