Angin kencang paksa sesi kualifikasi F1 Powerboat Danau Toba ditunda

25

Balige (ANTARA) – Angin kencang memaksa sesi kualifikasi putaran pertama Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) yang dijadwalkan berlangsung di perairan Danau Toba di kawasan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige, Sumatra Utara, Sabtu, ditunda.

Berdasarkan keterangan tertulis F1H2O, sesi kualifikasi dijadwal ulang menjadi Minggu (26/2) pagi atau sebelum lomba berlangsung pada sore harinya.

Sesi kualifikasi F1 Powerboat Danau Toba sejatinya dijadwalkan bergulir hari ini pukul 15:00 hingga 16:00 WIB. 20 kapal pebalap juga telah diturunkan ke perairan Danau Toba dan sempat mengitari lintasan beberapa menit.

Namun angin mulai berhembus kencang dari timur laut. Kondisi ini membuat Rece Director Luis Ribero mengambil keputusan untuk menunda sesi kualifikasi demi keamanan pebalap.

Kemudian, kapal para pebalap kembali diangkat ke permukaan.

Baca juga: Menkominfo: 40 media asing turut beritakan F1 Powerboat Lake Toba 2023
Baca juga: Pebalap F1 Powerboat mulai kuasai lintasan Danau Toba

Pada hari ini, para peserta juga sempat melakukan sesi latihan bebas pukul 10:00 hingga 11:00 WIB. Dari 20 pebalap yang turun, Jonas Andersson dari Team Sweden menjadi yang tercepat dengan waktu 59,90 detik pada lap ke-14.

Catatan waktu tersebut meningkat dari sebelumnya, saat Andersson kali pertama merasakan perairan Danau Toba yakni dengan waktu 1 menit 09,17 detik.

Juara bertahan Shaun Torrente dari Tim Abu Dhabi membukukan waktu di angka 1 menit 00,12 detik pada lap 20. Torrente mulai menguasai lintasan sepanjang 2,2km ini bila dibandingkan dengan kemarin dengan catatan waktu 1 menit 11,67 detik.

Posisi ketiga pada latihan bebas, hari ini, di tempati Marit Stromoy dari Stromoy Racing F1H2O yang melakukan 29 putaran dengan 1 menit 00,18 detik. Pebalap wanita satu-satunya itu tampil gemilang, padahal kemarin dia turun dalam sesi latihan bebas ekstra.

Pebalap Stromoy Racing lainnya, Bartek Marszalek, berada di posisi keempat dengan 1 menit 00,48 detik. Pebalap Team Dubai, Thani Al Qemzi, berada di posisi ke lima dengan 1 menit 00,63 detik.

Baca juga: Penonton F1 Powerboat Danau Toba terkesima aksi Jupiter Aerobatic Team
Baca juga: Menko Marves bangga kinerja Polda Sumut amankan F1 Powerboat

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2023

antaranews