Januari Kelam Lampard, 2019 Dipecat Chelsea, 2023 Dipecat Everton

10

JawaPos.com-Januari bukan untuk Frank Lampard. Pada Januari dua tahun lalu, Lampard ditendang dari Chlelsea. Januari kali ini, Lampard kehilangan statusnya sebagai juru taktik Everton.

Frankie –sapaan akrab Lampard– dilengserkan Everton ketika durasi melatihnya di klub Merseyside tersebut belum genap setahun. Lampard ditunjuk menangani klub berjuluk The Toffees itu per 31 Januari tahun lalu.

Di akhir musim lalu, Lampard disanjung karena mampu menyelamatkan Everton dari jerat degradasi meski bertugas pada pertengahan kompetisi.

Musim ini Lampard malah tidak mampu membawa Everton keluar dari zona degradasi (peringkat ke-19) meski bertugas dari awal.

Pandit Jamie Carragher yang pernah melawan Lampard saat masih bermain sebagai bek Liverpool FC menyebutkan, Lampard tidak sepenuhnya gagal.

Ada andil pemilik The Toffees Farhad Moshiri. Yaitu, terkait keputusan Moshiri melepas Richarlison ke Tottenham Hotspur dan tidak menggantinya dengan pemain sepadan.

”Dalam beberapa pekan terakhir, yang saya tahu, pendukung Everton dalam spanduk protes mereka menyasar para petinggi klub untuk mundur. Bukan Frank (Lampard),” ungkap Carra seperti dikutip Daily Mirror.

Kronologi pemecatan Lampard pun bak prank ala Moshiri. Pada Minggu (22/1) malam, keduanya plus Chairman Bill Kenwright diketahui makan malam untuk membahas rencana peminjaman Arnaut Danjuma dari Villarreal CF.

Danjuma adalah pemain kesekian yang diharapkan bisa menggantikan peran Richarlison.

Anehnya, hanya berselang sehari setelah makan malam tersebut, Moshiri menelepon Lampard dan memberi tahu mantan gelandang Inggris itu bahwa kerja sama mereka tidak bisa berlanjut.

”Hasil terakhir dan posisi di klasemen sementara Premier League sulit untuk dihadapi saat ini. Itulah alasan kami harus menyudahi kerja sama ini,” tulis Everton dalam laman resminya tentang pemecatan Lampard.

Siapa pengganti Lampard? Mantan bek kiri Everton dan baru musim ini dipercaya menangani Everton U-18, Leighton Baines, telah ditunjuk sebagai interim.

Source